Pantai Tanjung Bira Bulukumba, Pesona Keindahan ala Maladewa

Kawasan timur Indonesia sudah lama terkenal akan kekayaan biota lautnya. Salah satunya ada di Pantai Tanjung Bira, yang termasuk obyek wisata andalan Sulawesi Selatan. Banyak wisatawan lokal maupun asing dibikin penasaran dengan keindahannya.

Pantai Tanjung Bira tersohor berkat panorama lautnya yang berwarna biru kehijauan. Tak hanya itu, hamparan pasir putih yang lembut membuatnya jadi tempat santai sempurna, bersama sahabat maupun pasangan. Berikut adalah gambaran mengenai beberapa pesona Tanjung Bira oleh kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia.

Melihat Keindahan Biota Laut

Spot snorkeling keren via Instagram antyque
Spot snorkeling keren via Instagram antyque

Pengunjung dapat melihat lebih dekat keindahan biota laut pantai Tanjung Bira. Ada banyak tempat persewaan alat diving dan snorkeling, serta perahu untuk menuju titik penyelaman. Para pelancong bakal dimanjakan keindahan pemandangan terumbu karang serta ikan hias cantik nan lucu.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pasir putih dengan warna air laut biru kehijauan via Instagram galihwwardhana
Pasir putih dengan warna air laut biru kehijauan via Instagram galihwwardhana

Pantai Tanjung Bira berada di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Jarak dari kota Makassar sekitar 200 km, dengan estimasi perjalanan sekitar lima jam. Kawasan indah ini lokasinya persis di ujung terbawah Provinsi Sulawesi Selatan.

Pengunjung yang datang di hari biasa dikenakan tiket masuk 10 ribu rupiah (lokal) atau 20 ribu rupiah (asing). Sementara untuk kunjungan di akhir pekan, tiket masuk dibandrol sebesar 15 ribu rupiah (lokal) dan 30 ribu (asing). Bagi yang membawa kendaraan pribadi, dikenakan biaya parkir lima ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu untuk mobil.

Fasilitas di Tanjung Bira

Melihat sunset di pantai via Instagram meirza05
Melihat sunset di pantai via Instagram meirza05

Demi menunjang kenyamanan pengunjung, pengelola wisata Tanjung Bira menyediakan fasilitas cukup lengkap, meliputi area parkir, toilet, musholla, dan warung. Penginapan juga tersedia bagi pengunjung yang ingin bermalam di sini.

Traveler bebas memilih jenis akomodasi yang diinginkan, dari murah hingga mahal semua ada disini. Beberapa hadir dalam konsep berbeda, seperti bungalow, pondok, serta cottage. Opsi terakhir cocok untuk mereka yang ingin menikmati pemandangan alam dari dalam kamar.

Jika ingin lebih menyatu dengan alam, bisa mendirikan tenda di area yang disediakan. Asyiknya lagi, pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk menggunakan camping ground.

Waktu terbaik untuk datang ke Pantai Tanjung Bira ini adalah ketika arus air laut surut dan cuaca cerah. Dalam kondisi demikian air laut di kawasan ini akan berwarna biru kehijauan.

Bagaimana, sudah tertarik berkunjung? Bagi yang sudah berencana datang ke Makassar, jangan lewatkan kesempatan datang ke lokasi indah ini. Selain itu, jangan lupa menjaga kebesihan tempat wisata yang dikunjungi.

Tags
Sulawesi Selatan Wisata
Share