Pantai Bara, Pesona Rahasia di Pesisir Tanjung Bira

Tanjung Bira adalah salah satu destinasi populer di Bulukumba. Kawasan ini terus menggoda wisatawan dengan deretan pantai cantiknya. Semua berhiaskan hamparan pasir putih dengan pemandangan mempesona. Dijamin bakal bikin betah. Salah satu yang wajib Teman Traveler kunjungi adalah Pantai Bara.

Suasana di sekitar pantai (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Lokasinya masih berada di sekitar kawasan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Saking indahnya, tak berlebihan jika menyebut destinasi ini sebagai surga di ujung selatan Makassar.

Eksotisme Pantai Bara

Suasana pantai saat musim libur (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Lokasi Pantai Bara memang cukup tersembunyi, meski posisinya tak jauh dari Pantai Bira. Setelah masuk gerbang kawasan Tanjung Bira, Teman Traveler bisa menyebrang dengan kapal nelayan dari Pantai Bira atau melalui jalur darat dengan melewati hutan dan tebing karang.

Jalur darat kini sudah bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat dan terdapat banyak petunjuk arah yang sangat membantu. Hanya saja akan lebih efisien jika Teman Traveler menggunakan kendaraan roda dua. Perjalanan melalui jalur ini akan memakan waktu kurang lebih 15 menit.

Berfoto bersama di sekitar pantai (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di Pantai Bara, tak perlu khawatir. Di sepanjang kawasan pesisir berjejer penginapan model bungalow yang siap kalian sewa. Pas bagi kamu yang ingin merasakan keheningan dan ketenangan ala pantai.

Wisatawan asing di sekitar pantai (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Jika ingin suasana lebih syahdu, sebaiknya Teman Traveler datang di luar musim liburan. Biasanya kawasan ini akan relatif sepi pengunjung. Jika pun ada, umumnya adalah wisatawan asing yang sedang berjemur.

Permadani Putih nan Memanjakan

Anak kecil sedang bermain pasir (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Bulir pasir di wisata Bulukumba satu ini begitu halus, terasa memanjakan ketika menyentuh telapak kaki. Teman Traveler bakal ingin berlama-lama menapakkan kaki di sekitar Bara, sembari menjelajah tiap sudut indahnya. Apalagi ombak di sekitarnya tidak terlalu ganas, cocok dijadikan tempat liburan keluarga.

Cocok untuk liburan keluarga (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Sejauh pandangan menyapu lautan, Teman Traveler akan dimanjakan keindahan luar biasa. Jangan lewatkan pula asyiknya berjalan kaki menyusuri kawasan pesisir. Buktikan sendiri indahnya gradasi warna putih pasir dan air laut. Membuat hati bahagia dan pikiran menjadi rileks.

Nyiur Melambai yang Meninabobokan

Hammock di Pantai Bara (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Puas bermain air, Teman Traveler bisa menyewa gazebo kecil yang disediakan masyarakat sekitar. Jangan khawatir, harganya cukup murah kok. Tergantung kesepakatan dan kemampuan kalian dalam tawar-menawar.

Bagi yang membawa perlengkapan kemping, bisa mendirikan tenda di deretan pohon kelapa sepanjang garis Pantai Bara. Teman Traveler juga bisa memasang hammock di sini. Lumayan untuk menghemat budget menginap.

Sembari beristirahat Teman Traveler bisa menikmati alunan tarian ombak, hembusan angin, dan nyiur melambai di sekitar pantai. Tentu bakal membuat kalian semakin betah berada di sini.

Panorama Senja

Senja di sekitar pantai (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Sembari menunggu senja, Teman Traveler bisa memesan makanan atau minuman di warung sekitar pantai. Asyiknya lagi, menu-menu yang kalian minta bisa langsung diantar tanpa harus menunggu di warung.

Suasana temaram nan sunyi menjadi pelengkap saat menyaksikan matahari tenggelam di ufuk timur. Persiapkan kamera dan cari sudut terbaik untuk jika ingin mengabadikan momen ini. Indahnya panorama Pantai Bara tak sangat wajib diabadikan.

Sekedar tips, jika Teman Traveler berencana meninggalkan pantai di malam hari maka wajib berhati-hati saat menelusuri hutan. Biasanya akan ada gangguan dari hewan liar, seperti monyet, babi hutan, dan masih banyak lagi. Andai memang tak berencana menginap, sebaiknya tinggalkan tempat ini sebelum malam.

Itulah sedikit ulasan mengenai pesona keindahan Pantai Bara di Bulukumba. Bagaimana Teman Traveler, kalian tertarik datang ke sini? Jangan lupa perbanyak liburan agar pikiran tetap rileks dan bahagia. Selamat jalan-jalan.

Tags
Bulukumba kontributor Travelingyuk wisata bulukumba
Share