HORE! Sebentar Lagi Ada Panda di Indonesia

Belakangan ini Indonesia makin giat mengenalkan pariwisata di kancah internasional. Bukan hanya tentang keindahan laut dan gunung yang eksotis, satwa dilindungi juga tak luput dari pandangan. Selain yang asli Indonesia, tahun ini Taman Safari Indonesia berencana mengenalkan hewan langka yang langsung didatangkan dari Tiongkok.

Dilansir dari Detik, hewan langka tersebut adalah panda jenis Giant Panda (Ailuropoda Melanoleuca) yang diprediksikan tiba di Jakarta pada tanggal 28 September 2017 mendatang. Rencananya akan menumpang maskapai Garuda Indonesia dari Bandara Chengdu, Tiongkok dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta tanpa dibius .

Panda Jenis Giant Panda
Panda Jenis Giant Panda [image source]
Kedatangan dua panda tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Tiongkok sejak tahun 2013 lalu. Pemerintah Tiongkok hanya meminjamkan pasangan panda kepada Indonesia dalam kurun waktu sepuluh tahun saja dan dirawat oleh Taman Safari Bogor (TSI).

Selain kandang megah dengan ukuran 5.000 meter persegi, TSI juga menyiapkan beragam fasilitas indoor, outdoor serta makanan untuk dua panda bernama Cai Tao dengan berat 128 Kg dan Hu Chun yang bobot 113 Kg. Pun kedatangan kedua hewan tersebut sudah makin dekat, namun TSI tidak akan langsung mengenalkan kepada pengunjung. Panda akan menjalani masa karantina di lembaga konservasi.

Rumah Panda di Taman Safari Indonesia
Rumah Panda di Taman Safari Indonesia [image source]
Proses kedatangan pasangan panda ini terbilang cukup panjang. Banyak prosedur yang harus dilakukan baik dari Tiongkok maupun Indonesia. Bahkan demi keselamatan, pengiriman dua panda tersebut berkali-kali ditunda lantaran satwa langka tersebut dikhawatirkan tidak selamat sampai tujuan. Seperti yang diketahui, Cai Tao dan Hu Chun tidak pernah melakukan perjalanan panjang lewat udara. Belum lagi, faktor kesehatan dari keduanya yang tidak menentu.

Rumah Panda di TSI
Rumah Panda di TSI [image source]
Giant Panda sendiri merupakan satwa langka yang kehilangan habitat dan tingkat kelahirannya rendah. Tentu hingga saat ini terus dilakukan upaya pelestarian. Bagaimana, sudah siap melihat kelucuan dari pasangan panda yang datang dari Tiongkok ini? Nantikan kabar selanjutnya ya!

Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat
Share