Pancake Khas Berbagai Negara, Bikin Lidah Dimanja

Yayang

Yayang

On Kuliner
pancake khas dari rusia pancake khas dari rusia

Mengunjungi negeri-negeri cantik di berbagai pelosok dunia pasti seru. Pesona khas setiap negara pasti tak terlupakan. Dari wisata alam yang memanjakan mata, hingga jelajah kuliner khas yang memanjakan lidah. Salah satu yang lazim adalah pancake khas berbagai negara. Tentunya dengan ciri khas masing-masing. Yuk, lihat daftar panekuk khas yang wajib dicicipi di negara asalnya.

1. Dutch Baby Pancake, Jerman

Pancake Khas Berbagai Negara asal Jerman
Gurihnya Dutch Baby Pancake via Instagram/acookbyaccident

Pancake khas berbagai negara yang satu ini cocok sebagai kudapan lezat untuk sarapan, brunch maupun teman minum teh sore hari. Meskipun disebut sebagai dutch baby pancake, panekuk ini memiliki ukuran cukup besar untuk dimakan beramai-ramai. Jadi, tinggal dipotong sesuai porsi yang Teman Traveler inginkan.

Bahan dasar untuk kudapan ini pun sama seperti panekuk pada umumnya. Yang membedakan adalah penyajiannya yang menggunakan topping seperti telur, daging asap, potongan tomat segar, bawang bombai dan oregano. Gurihnya pasti meledak di mulut.

2. Poffertjes, Belanda

Pancake khas berbagai negara asal negeri kincir angin
Bentuk imut rasa yahud dari Poffertjes via Instagram/thegreekvegetarian

Menapaki negeri kincir angin belum lengkap tanpa poffertjes sebagai teman jalan-jalan. Panekuk berukuran mini ini memiliki rasa manis yang lembut. Ukurannya yang lucu juga pas untuk sekali suapan.

Untuk penyajiannya, Teman Traveler bisa memilih menggunakan sirup maple, irisan buah beri segar ataupun taburan gula halus. Poffertjes ini cocok sekali sebagai camilan setelah makan siang.

3. Dosa, India

Harumnya rempah khas Dosa
Panekuk khas India beraroma rempah via Instagram/spicetripwithpaulami

Pancake khas berbagai negara yang satu ini terkenal akan kerenyahannya. Panekuk yang di negara asalnya disebut sebagai dosa ini cukup tipis tapi tetap mengenyangkan pastinya. Di India, dosa disajikan bersama dengan variasi saus tradisional yang harum akan aroma rempah dan santan kelapa. Menyantap dosa sambil menikmati suasana Kota New Delhi pasti menyenangkan.

4. Serabi, Indonesia

Legitnya rasa khas pancake dari Indonesia
Panekuk khas Nusantara via Instagram/bumisurabaya

Penganan manis ini bisa Teman Traveler jumpai dengan mudah diberbagai sudut jalan. Di Indonesia, ada 2 jenis kue serabi yang terkenal. Serabi asal Solo dan Surabi dari Bandung. Walaupun memiliki tekstur yang sama, Serabi khas Solo ternyata lebih tipis sehingga sering digulung saat penyajiannya.

Sebagai pancake khas berbagai negara asal Indonesia, kue serabi bisa dinikmati sebagai kudapan pencuci mulut dengan topping manis seperti es krim ataupun disajikan hangat saat malam hari dengan tambahan santan kelapa.

5. Blini, Rusia

Panekuk khas Rusia yang unik
Lezatnya Blini khas Rusia via Instagram/petrossianparis

Pancake khas berbagai negara yang satu ini nikmatnya tiada duanya. Blini sendiri bermakna panekuk tipis dalam Bahasa Rusia. Oleh karena itu, blini biasanya dilipat dalam penyajiannya. Untuk menambah nikmatnya rasa kudapan satu ini, masyarakat Rusia sering menambahkan kaviar atau telur ikan sebagai topping nya. Wow, lezat sekali bukan?

Seiring perkembangan zaman, blini juga disajikan dengan topping lain yang harganya lebih terjangkau. Seperti selai buah, daging asap ataupun madu.

Menikmati keindahan kota di berbagai belahan dunia tentunya semakin tak terlupakan dengan menjelajahi cita rasa pancake khas berbagai negara. Memadukan lembutnya panekuk dengan lezatnya topping yang beraneka ragam. Semuanya lumer dengan nikmat di lidah.