4 Fakta Pakaian Quick Dry untuk Mendaki Gunung

Siapa di antara Teman Traveler yang hobi mendaki gunung? Nah, kalau hendak hiking, perhatikan betul pakaian yang hendak dibawa ataupun dikenakan. Demi kenyamanan bahkan keselamatan, ada baiknya Teman Traveler menggunakan pakaian quick dry.

Apa itu Pakaian Quick Dry?

isaac_viglione_fphlzzdappe_unsplash_sUW.jpg
Ilustrasi mendaki gunung via Unsplash

Singkatnya, pakaian quick dry adalah temuan baru menggunakan bahan polyester agar kain yang dipakai lebih cepat kering. Nah, pakaian semacam ini cocok untuk dikenakan saat mendaki gunung. Meski harganya lumayan mahal, tapi jangan sepelekan manfaatnya! Memang apa saja sih?

Pakaian Lebih Cepat Kering

jason_briscoe_eu4_4e8_lte_unsplash_1fJ.jpg
Ilustrasi pakaian cepat kering via Unsplash

Ya, pakaian dengan bahan yang mudah kering akan memberikan rasa nyaman pada Teman Traveler selama hiking. Kegiatan pendakian akan sangat menuntut kalian berjalan selama berjam-jam. Pakaian basah justru akan menambah beban berat tubuh. Bisa dibayangkan kan kelanjutannya bagaimana?

Kalian akan kesulitan mendaki. Energi yang disimpan dalam tubuh terbuang sia-sia. Akhirnya, Teman Traveler akan gampang kelelahan dan bahkan bisa terancam pingsan. Tidak hanya itu, berbagai macam bahaya maut bisa mengintai kalian.

Menyerap keringat dengan baik

shashank_shekhar_db1j_qp_ctc_unsplash_2tY.jpg
Ilustrasi tubuh berkeringat saat melakukan aktivitas mendaki gunung via Unsplash

Tanpa diduga, pakaian quick dry mampu menyerap keringat dengan baik. Tubuh yang dituntut berjalan selama berjam-jam tentu akan mengeluarkan keringat. Pada beberapa orang, hal ini bisa menyebabkan ruam dan gatal-gatal.

Oleh sebab itu Teman Traveler membutuhkan pakaian yang mampu menyerap keringat dengan cepat. Tak apa-apa jika harganya cukup mahal. Yang penting, manfaatnya sangat berguna bagi keselamatan kalian sendiri.

Menghindari resiko hipotermia

alaric_hartsock_dtp7z92pt94_unsplash_JWC.jpg
Ilustrasi pakaian yang basah saat mendaki gunung via Unsplash

Tahukah kalian, menggunakan pakaian berbahan cepat kering ternyata mampu menghindarkan diri dari risiko hipotermia? Aktivitas mendaki gunung memang penuh ancaman, termasuk kondisi di mana tubuh terpapar suhu dingin yang ekstrem.

Nah, ternyata dengan menggunakan pakaian quick dry dapat menghindari hikers dari serangan hipotermia. Bahan kain yang gampang basah malah tidak mampu membentengi tubuh dari ancamana suhu ekstrem. Teman Traveler bisa pingsan, bahkan tewas jika tidak segera mendapatkan pertolongan profesional.

Itulah sekilas ulasan mengenai pentingnya pakaian cepat kering saat mendaki gunung. Teman Traveler bisa membelinya di aneka tempat, seperti distro, toko khusus para pendaki, bahkan gerai olahraga terkenal di kota masing-masing. Nah, sudah siap menakhlukkan puncak dengan selamat dan nyaman?

Tags
Hiking Indonesia kontributor Luar negeri pakaian quick dry tips dan inspirasi Travelingyuk
Share