Mengenal Makna Pakaian Adat Terbaik di Upacara Istana Merdeka

Upacara bendera di Istana Merdeka selalu penuh momen tidak terlupakan. Seperti yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu, Presiden Jokowi bahkan memberikan hadiah kepada 3 tamu undangan dengan pakaian adat terbaik. Masing-masing baju adat yang dikenakan para anggota upacara mempunyai makna tersendiri. Apa saja, ya? Simak ulasan berikut.

1. Nusa Tenggara Timur

Baju Adat Rote via Instagram @berty_l2

Pakaian adat terbaik yang meraih juara satu saat perayaan 17 Agustus di Istana Merdeka berasal dari Nusa Tenggara Timur. Baju tradisional tersebut terdiri dari selempang dan sarung yang terbuat dari kain tenun tradisional. Motif yang biasanya ditemui adalah bunga dan unggas, untuk bahannya sendiri terbuat dari emas atau perak yang dianggap punya kekuatan gaib.

Aksesori khas bagi perempuan yaitu bulan sabit emas yang dipasang di kepala dan ikat pinggang emas atau disebut juga pendi. Sedangkan untuk pria, mereka mengenakan topi anyaman dengan ujung runcing dan panjang sebagai lambang kegagahan.

2. Kalimantan Timur

Pakaian adat terbaik
Baju Kustim via Instagram @ajivirna

Dilansir dari laman liputan6.com, pakaian adat terbaik juara dua berasal dari Kesultanan Gunung Tabur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Terdapat beberapa jenis baju tradisional salah satunya adalah Kustim, yang dikenakan oleh kaum menengah ke atas sebagai busana resmi dalam upacara pernikahan.

Bahan utama pakaian adat Kustin adalah beludru hitam, dengan detail kerah tinggi dan lengan panjang, bagian dada dihiasi pasmen. Untuk pria, menggunakan celana panjang dan topi berbulu. Bagi para perempuan menggunakan aksesori kepala yang mirip sanggul.

3. Lampung

Pakaian Adat Lampung via Instagram @bettysyah
Pakaian Adat Lampung via Instagram @bettysyah

Pakaian adat terbaik yang begitu menarik perhatian kala upacara kemerdekaan berasal dari Lampung. Terdapat dua macam baju tradisional yang umum diketahui yaitu Saibatin dan Pepadun. Perbedaan yang cukup mencolok adalah warna, Pepaduan dominan putih sedangkan Saibatin merah.

Aksesori yang tidak ketinggalan dalam busana adat Lampung adalah siger alias mahkota emas yang biasanya dipakai oleh pengantin perempuan. Siger yaitu mahkota emas khas yang dipakai pada kepala pengantin wanita. Mahkota ini melambangkan keagungan adat budaya Lampung. Siger memiliki sembilan ruji, menandakan bahwa ada sembilan sungai besar yang terdapat di Lampung, di antaranya Way Sekampung, Way Tulang Bawang, Way Kanan, dan Way Mesuji.

4. Bali

Pakaian adat terbaik
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Bali via Instagram @jokowi

Pakaian khas Bali dikenakan oleh Presiden Jokowi saat upacara kemerdekaan. Menurut laman baliexpress.jawapos.com, baju adat di Pulau Dewata sendiri terbagi menjadi tiga sesuai dengan kegunaannya.

Ada Busana Agung yang biasanya digunakan saat upacara pernikahan, Busana Jangkep atau lengkap yang dipakai ketika ke pura, dan Busana Adat Alit alias sederhana, umumnya dikenakan sewaktu ngayah di pura. Pakaian adat tersebut merupakan bentuk kepatuhan terhadap Sang Hyang Widhi.

Masing-masing bagian komponen dari baju adat mempunyai makna tersendiri. Misalnya saputan yang dikenakan pria harus menyentuh tanah sebagai simbol penghormatan kepada ibu pertiwi. Pusung gonjer yang dipakai oleh perempuan belum menikah sebagai lambang bahwa dia bebas memilih dan dipilih pasangannya.

Itulah empat pakaian adat terbaik di atas adalah segelintir dari banyaknya baju tradisional di Indonesia. Apa nama busana khas di daerah Teman Traveler?

Tags
Budaya Indonesia Pakaian Adat Indonesia Upacara Kemerdekaan Wisata
Share