Pagoda Instagenic di Indonesia, Semuanya Mirip dengan Luar Negeri Lho!

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
pagoda Instagenic di Indonesia pagoda Instagenic di Indonesia

Pagoda merupakan bentuk kuil yang memang memiliki atap bertumpuk-tumpuk. Kebanyakan, pagoda ditemukan di halnya Thailand, juga Tiongkok. Meskipun begitu, ada di Indonesia juga ada lho. Inilah pagoda Instagenic di Indonesia yang bentuknya menyerupai yang ada di luar negeri. Jangan lupa bawa kamera kesayanganmu ya.

Pagoda Tian Tian, Surabaya

Pagoda Tian Tian, via Instagram/ditaasely
Pagoda Tian Tian, via Instagram/ditaasely

Pagoda Tian Tian merupakan salah satu ikon yang dimiliki oleh Kenjeran Park, Surabaya. Ini merupakan pagoda duplikat yang berada di Beijing, China yang dikenal sebagai Temple of Heaven dengan sejarahnya yang tinggi. Kamu tak perlu jauh-jauh lagi berkunjung ke Beijing ya, di Surabaya sudah ada.

Pagoda Tian Tian ini dibuat oleh Soetiadji Yudho yang diresmikan bersamaan dengan Pesta Kue Bulan atau Perayaan Malam Bulan Purnama pada tanggal 21 September 2010. Pagoda cantik ini memiliki diameter 60 meter dengan tinggi 58 meter. Ukurannya lebih besar daripada aslinya. Pagoda ini sangat menyerupai aslinya, warna, ornamen dan juga ukurannya.

Pagoda Avalokitesvara, Semarang

Pagoda Avalokitesvara, via Instagram/xiaolingchan
Pagoda Avalokitesvara, via Instagram/xiaolingchan

Selanjutnya ada Pagoda Avalokitesvara yang berada di Semarang. Bagunan cantiknya sudah bukan rahasia lagi. Namanya, bahkan tercatat dalam museum rekor Indonesia dan menjadi salah satu pagoda tertinggi dan paling menawan di Indonesia. Bangunannya sendiri digadang-gadang mirip dengan Ci En Pagoda yang berada di Taiwan, benar-benar serupa.

Pagoda Lumbini, Berastagi

Pagoda Taman Lumbini, via Instagram/erryjuwitareal.id
Pagoda Taman Lumbini, via Instagram/erryjuwitareal.id

Tak perlu jauh-jauh ke Myanmar untuk menyaksikkan Pagoda Shwedagon. Di Berastagi ada yang namanya objek wisata Taman Lumbini yang merupakan relikannya yang tak kalah megah. Lokasinya berada di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo, kompleks Taman Alam Lumbini.

Di sini kamu akan menyaksikkan arsitektur ala Negeri Gajah Putih, indah, bersih dan tertata cantik. Bawa busana terbaikmu dan abadikan berbagai momen travelingmu.

Pagoda Ekayana, Tomohon

Pagoda Tomohon, via Instagram/shelagracia_
Pagoda Tomohon, via Instagram/shelagracia_

Pagoda Instagenic di Indonesia selanjutnya ada Pagoda Ekayana Tomohon yang sudah selesai dibangun pada 1996. Ini merupakan pagoda yang juga mrip dengan Pagoda Cien, Taiwan. Loksinya berada di kompleks Vihara Buddhayana, Kelurahan Kakaskasen 2, Tomohon. Tempat ini memiliki sembilan lantai dan merupakan tempat penyimpanan benda-benda yang disakralkan.

Yuk Teman Traveler, jelajah berbagai tempat di Indonesia supaya pengalamanmu bertambah. Waktunya kapan? Secepatnya dan sesempatnya!