Kenjeran Park Surabaya, Tawarkan Spot Instagenic dengan Arsitektur Memukau

Reezumiku

Reezumiku

On Indonesia
Kenjeran Park Surabaya Kenjeran Park Surabaya

Pantai Kenjeran dulunya pernah terpatri sebagai lingkungan negatif bagi warga Surabaya. Namun semua kesan itu kini sudah mulai pudar. Hadirnya Pantai Kenjeran Park Baru (Kenjeran Park Surabaya) membuatnya banyak disoroti wisatawan. Menariknya, banyak tempat kece yang bisa jadi latar foto. Nah, seperti apa wajah wisata satu ini dan apa spot foto keren di KenPark? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Reezumiku.

Spot Patung Budha Empat Wajah

Pelataran Patung Budha Empat Wajah
Pelataran Patung Budha Empat Wajah (c) Reezumi/Travelingyuk

Kenjeran Park Surabaya memiliki theme park ala Universal Studio. Namanya Atlantis Land atau Atlantis Kenjeran Park Surabaya. Selain itu, di sini juga terdapat patung Buddha dengan empat wajah. Menariknya, area wisata Kenjeran Park ini telah masuk Rekor Muri Indonesia sebagai patung budha terbesar di Indonesia.

Tingginya mencapai 9 meter dengan atap kubah langit atau dikenal sebagai Dome of Sky setinggi 36 meter. Bagian luarnya dilapisi warna emas sehingga tampak lebih megah. Banyak pengunjung mendatangi area ini sebagai tempat wisata menarik. Selain untuk berfoto-foto, terdapat beberapa pendopo kecil yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat.

Pagoda Tian Ti, Serasa Berada di Cina

Pagoda Tian Ti
Pagoda Tian Ti (c) Reezumi/Travelingyuk

Di sini juga terdapat pagoda, kuil dengan atap bertumpuk yang bernama Tian Ti, berarti langit bumi. Bangunan tersebut memiliki corak khas, ornamen dan warna yang membuat pengunjung seolah sedang di negara lain.

Di sekelilingnya terdapat halaman luas yang dibatasi pepohonan rindang. Saat daun-daun kering berjatuhan, suasana semakin tampak kental mirip negeri tirai bambu. Bagian dalam bangunan tidak terdapat benda apapun, hanya ruangan kosong karena bukan merupakan tempat ibadah. Berniat untuk abadikan momen di sini kan?

Patung Dewi Kwan Im dan Dua Naga

Patung Dewi Kwan Im dan Dua Naga, area wisata untuk umum
Patung Dewi Kwan Im dan Dua Naga, area wisata untuk umum (c) Reezumi/Travelingyuk

Pantai Kenjeran merupakan satu-satunya tempat wisata pantai yang ada di Surabaya. Tepat di pesisir tersebut, ada sebuah patung Dewi Kwan Im yang berdiri kokoh. Di bawah kanan kirinya terdapat patung dua naga dengan bola api di tengahnya.

Warna merah mencolok membuat nuansa Tionghoa kental terasa. Pengunjung banyak yang mengabadikan foto di sini sebagai oleh-oleh jaman milenial. Selain berlatar belakang patung, background laut lepas menjadikan objek gambar lebih indah.

Kelenteng Sanggar Agung

Taman Bunga Bougenville
Taman Bunga Bougenville (c) Reezumi/Travelingyuk

Tempat ini masih aktif digunakan penganutnya sebagai tempat ibadah. Meskipun begitu, pengunjung umum disediakan jalur khusus untuk wisata. Area pelataran sangat nyaman dengan beraneka tumbuhan yang hijau dan sejuk. Di sisi kanan, terdapat tempat-tempat duduk dengan ornamen warna merah khas kuil yang biasanya ada di pelataran kelenteng.

Di sudut lain, ada taman cantik dengan tumbuhan rindang. Saat berjalan lebih jauh lagi, terdapat taman bungan Bougenville jenis afterglow berwarna merah muda terang. Sangat cantik apalagi bunganya bermekaran secara terus menerus sepanjang tahun. Kelopak yang telah kering dan berguguran saja masih indah di pandang, apalagi yang masih melekat di tanaman rambat ini.

Fasilitas Kenjeran Park yang Nyaman

Fasilitas Kenjeran Park yang Nyaman
Fasilitas Kenjeran Park yang Nyaman (c) Reezumi/Travelingyuk

Fasilitas di sini juga cukup nyaman. Terdapat kamar mandi dan masjid pula. Ada juga tempat makan yang bersih dengan aneka menu menggiurkan. Di sudut lain, juga ada penjual aksesori dan oleh-oleh. Rangkaian cantik kerang laut dan topi pantai bisa jadi souvenir pilihan. Untuk bisa menjelajah tempat ini, Teman Traveler cukup mengeluarkan uang sejumlah Rp5.000 per orang atau Rp15.000 per sepeda motor untuk tiket masuk Kenjeran Park.

Untuk sampai di sini, Teman Traveler sangat mudah. Dari terminal Purabaya, bisa naik bus dalam kota dengan tarif Rp6.000. Turunlah di pemberhentian terakhir yaitu Jembatan Merah. Dari sana, lanjut dengan naik angkot plat kuning jurusan Kenjeran seharga Rp5.000. Total perjalanan dari Terminal Purabaya adalah satu jam. Ingat, jam buka Kenjeran Park dari jam 7 pagi hingga pukul 6 sore.

Nah, itulah ulasan tentang Kenjeran Park Surabaya. Bagaimana, siap untuk jelajah wisata di pinggir pantai ini kan? Jangan lupa untuk isi baterai kamera atau handphone mu agar bisa puas mengabadikan setiap momen selama liburan. Bagaimana, siap jelajah Surabaya?