5 Ragam Otak Otak Khas Palu, Pas Dijadikan Oleh Oleh

Advertisement

Otak-otak adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari ikan cincang, biasanya ikan tenggiri. Konon nama tersebut diberikan karena tekstur lembut dan warna putih mirip seperti otak. Bagi Teman Traveler yang cinta dengan beragam olahan ikan, kuliner khas satu ini wajib dicoba. Sekali cicip, dijamin langsung ketagihan. Terlebih, kini ada beragam varian otak-otak khas Palu kekinian yang bikin penasaran. Apa saja?

Lumpia

Lumpia Otak-otak via Instagram @otak2arobi

Kalau ada lumpia Semarang yang berisi rebung, telur, daging ayam, atau udang. Ada pula lumpia sayur berisi irisan wortel dan kecambah. Nah di kedai ini, disediakan lumpia goreng dengan isi berbeda. Lumpia ini berisi otak-otak, yang memiliki citarasa sedap khas ikan Marlin.

Otak – Otak Goreng

Goreng via Instagram @otak2arobi

Kalau biasanya dikukus atau dipanggang, kali ini ada otak-otak khas Palu yang digoreng dan tidak kalah sedap. Teman Traveler jangan sampai melewatkan jajanan dengan tekstur renyah di luar tapi lembut di dalam. Sungguh memanjakan lidah. Bisa juga dicocol saus bumbu kacang.

Pangsit

Pangsit Otak – Otak via Instagram @otak2arobi

Kalau ada lumpia, ada juga pangsit otak- otak yaitu kulit pangsit berisi daging ikan Marlin cincang. Kulitnya cenderung lebih tebal dari kulit lumpia. Pecinta kuliner yang menyukai renyahnya pangsit goreng bisa menjadikan pangsit kuliner ini sebagai pilihan camilan siang hari.

Sate

Sate Otak – Otak via Instagram @otak2arobi

Teman Traveler yang ingin mencoba sate unik, bisa mencoba kuliner berbahan dasar ikan ini. Ragam yang satu ini sama seperti otak – otak pada umumnya, tapi dikemas seperti sate. Memudahkan pecinta kuliner dalam menyantap olahan ikan lembut ini. Lebih nikmat jika disiram dengan saus bumbu kacang.

Otak-otak Bakar

Otak – Otak Bakar via Instagram @otak2arobi

Ragam otak-otak yang memiliki citarasa gurih ini bukan dikukus atau dipanggang, tapi dibakar. Bungkus daun pisang dan rasa khas “gosong” pada olahan bakar menambah kenikmatan dalam menyantap makanan ringan ini. Citarasa gurihnya tidak akan mengecewakan.

Tidak hanya dimakan di kedai langsung, Teman Traveler yang sedang berada di Palu tapi tidak sempat keluar bisa memesan kudapan ini melalui pesan singkat. Siap-siap kenyang dan bahagia.

Advertisement
Tags
Ikan Marlin Indonesia Kota Palu kuliner Otak Otak Sulawesi Tengah
Share