Selain Gang Lombok, Empat Lumpia Semarang Ini Juga Enak Banget

Isti

Isti

On Indonesia

Semarang adalah salah satu kota besar di Indonesia yang punya sederet destinasi wisata yang menawan. Bukan hanya wisata sejarah dan budayanya, kota ini juga terkenal akan jajanan khasnya yang bernama lumpia. Sementara tempat yang terkenal dengan jajanan Semarang tersebut ada di Gang Lombok, bahkan dikenal sebagai pelopor adanya camilan ini di kota tersebut. Namun, tahu kah kamu jika masih ada lumpia Semarang lain yang tak kalah nendang. Apa saja?

1. Lunpia Cik Me Me

lunpia enak cik me me
lunpia enak cik me me via instagram/@marlin_zhang

Urutan pertama yang namanya tak kalah melegenda dengan Gang Lombok adalah Lunpia Cik Me Me. Jika ditelusuri lebih lanjut, ternyata pemilik dari tempat makan ini merupakan generasi kelima dari keturunan Master Lumpia di Semarang. Karena itu pula, soal kualitas rasa tak perlu diragukan lagi. Letak gerai lumpia ini berada di Jalan Gajahmada Nomor 107, Miroto. Menariknya, varian yang ditawarkan beragam loh. Sementara harganya berkisar antara Rp8.000 sampai Rp20.000, tergantung varian yang dipilih.

lunpia cik me me
lunpia cik me me via instagram/@kuliner.ria

2. Lunpia Pak Sastro

lunpia pak sastro
lunpia pak sastro via instagram/@lunpiasastro

Lunpia berikut yang harganya tak bikin kantong bolong adalah milik Pak Sastro. Hingga artikel ini ditulis, harganya hanya Rp9.000 per biji. Itupun sudah porsi besar dan mengenyangkan. Isinya terdapat rebung, ayam, dan telur. Kulitnya lembut, pas dengan rasa isinya yang kaya akan bumbu. Gerai Lumpia Pak Sastro ini ada di beberapa titik, yaitu di Pandanarang, Pertigaan Karangsaru Mataram, dan di supermarket terdekat.

lunpia pak sastro semarang
lunpia pak sastro semarang via instagram/@lunpiasastro

3. Loenpia Mbak Lien

loenpia mbak lien semarang
loenpia mbak lien semarang via instagram/@firsan_m

Lunpia enak satu ini masih berada di sekitaran Pandanaran. Tepatnya di depan Bandeng Juana. Atau bisa juga langsung datang ke toko pusatnya di Gang Grajen Jalan Pemuda No.1, Pandansari. Lumpia Mbak Lien punya tiga macam isian lunpia, yaitu ayam, udang dan rebung. Harganya pun tidak membuatmu tepok jidat, hanya berkisar antara Rp11.000 sampai Rp15.000 . Soal rasa, lunpia Mbak Lien tidak perlu ditanya lagi, dijamin bikin ketagihan. Bahkan, deretan artis ibukota sudah pernah mencoba kenikmatan lunpia di sini.

loenpia mbak lien
loenpia mbak lien via instagram/@eatsss.yummy

4. Lunpia Mataram

lunpia mataram semarang
lunpia mataram semarang via instagram/@yesaya

Selain Lunpia Cik Mei Mei, satu lagi lunpia legendaris yang telah ada sejak puluhan tahun lalu. Namanya Lumpia Mataram yang telah ada sejak 1988. Camilan di sini terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan diolah secara tradisional untuk menjaga rasa. Jadi sudah pasti rasanya enak luar biasa. Untuk mencicipinya, kamu bisa datang ke tokonya yang beralamatkan di Kp.Baris 501 Jalan MT.Haryono 533 A (Mataram). Selain rasanya yang telah lekat dengan lidah masyarakat, lumpia di sini juga terkenal murah. Hanya sekitar Rp13.000 saja untuk sekotak lumpia. Terjangkau bukan?

lunpia mataram
lunpia mataram via instagram/@ms.makanmakan

Lumpia Semarang atau lunpia dapat kamu temui hampir di setiap sudut kota ini. Namun jika ingin yang punya citarasa legendaris, enak, dan bikin ketagihan, datang saja ke toko Lunpia di atas ya. Bagaimana, tertarik untuk menjajal lumpia Semarang selain di Gang Lombok ini?