Belum ke Gresik Kalau Belum Nyicip Otak Otak Bandeng

Advertisement

Saat berlibur ke wisata suatu daerah rasanya tidak lengkap kalau belum mencoba kuliner khas daerah tersebut. Pasti kalian tahu tiap daerah memiliki budaya dan makanan khas yang melekat dan menjadi identitas daerah tersebut. Salah satunya Gresik. Ya, kota dengan wilayah industri dan tambak terluas di Jawa Timur ini terkenal dengan budidaya bandeng yang sangat enak dan gurih. Maklum sebagian besar masyarakat Gresik berprofesi sebagai petani tambak.

Otak Otak Bandengn makan khas Gresik yang super lezat. Foto via kompas.com

Salah satu olahan bandeng khas Gresik adalah otak otak bandeng. Umumnya olahan otak otak didaerah lain biasanya terbuat dari aneka jenis daging ikan seperti tenggiri, tongkol yang dibungkus daun pisang. Namun tidak untuk di Gresik, otak otak ini terbuat dari bahan dasar ikan bandeng yang di haluskan kemudian ditambah dengan parutan kelapa, telur, dan rempah rempah pilihan. Uniknya, masyarakat Gresik membungkusnya dengan kulit ikan bandeng tersebut, lalu dikukus kemudian dilumuri dengan telur yang sudah dikocok lalu di goreng. Duh, membayangkan saja sepertinya lezat banget!

otak otak bandengn yang di bakar serasa sangat khas dan lezat. Foto via tokopedia.com

Meski terkesan mudah dan sederhana namun rasanya sangat khas dimulut. Perpaduan daging ikan bandeng dan buah kelapa yang gurih, ditambah teksturnya yang lembut tidak bertulang membuat makanan satu ini digemari banyak orang. Tidak hanya bagi masyarakat Gresik, juga bagi masyarakat luar kota Gresik. Untuk oleh-oleh, umumnya otak-otak bandeng dijual per ekor utuh. Sajian penjualannya ada yang dibakar dan ada juga yang di asap. Nah biasanya oleh masyarakat Gresik otak otak Bandeng ini kadang juga dibuat seserahan nikahan daerah Gresik. Menarik bukan?

otak otak bandengn asap. Foto via Gotravely.com

Untuk mendapatkan makanan khas Gresik satu ini, kamu bisa menyusuri Jl. Sindujoyo, Kecamatan Gresik. Lokasinya tak jauh dari pasar Gresik. Di sana banyak penjual yang menjajakan kuliner khas kota santri tersebut. Salah-satu penjual otak-otak bandeng bakar yang terkenal ialah Otak-Otak Bandeng Bu Muzanah, yang juga terletak di Jl. Sindujoyo. Di sini, tidak hanya daging bandeng yang diolah, jeroan bandeng juga diolah menjadi makanan yang lezat.

Otak Otak Bandengn yang digoreng serasa nikmat sekali. Foto via shopee.com

Nah teman traveler mungkin bertanya tanya berapa harga per ekor otak otak bandeng? Di daerah Gresik rerata penjual makan khas oleh oleh ini membanderol otak otak bandeng dengan harga Rp. 60.000 per ekor. Porsi otak-otak bandeng yang dijual juga berukuran lumayan besar. Tak hanya otak otak bandengn saja, kamu juga bisa menambahkan aneka kuliner lainnya seperti andeng presto, bandeng asap, pepes, goreng, bakso, krupuk dan abon.

Advertisement
Tags
Kuliner Gresik Oleh Oleh khas Gresik wisata gresik Wisata Kuliner
Share