UNWTO, Organisasi Pariwisata Dunia Beri Penghargaan Untuk Aplikasi Anak Bangsa

Bidang pariwisata menjadi salah satu sumber penghasilan yang cukup besar bagi sebuah negara. Tidak heran jika bidang ini mendapat perhatian khusus dari lembaga Perserikatan Bangsa-bangsa sejak lama. PBB mengkhususkan sebuah badan untuk mengelola dan menangani permasalahan pariwisata. Ia adalah UN World Tourism Organization (UNWTO) atau dalam bahasa Indonesia menjadi Organisasi Pariwisata Dunia.

1. Sejarah Kelahiran UNWTO

UNWTO Organisasi Pariwisata Dunia Punya Sejarah Panjang
UNWTO Organisasi Pariwisata Dunia Punya Sejarah Panjang via Instagram/runmysilkroad

Organisasi Pariwisata Dunia UNWTO bermula dari terbentuknya Congress of Official Tourist Traffic Association (ICOTT) di Belanda pada 1925 lalu. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 1934, organisasi ini berubah nama menjadi International Union of Official Tourist Publicity Organizations (IUOTPO). Setelah Perang Dunia ke-2, pariwisata dunia mulai mengalami peningkatan. IUOTPO berubah nama menjadi Union of Official Travel Organizations (IUOTO).

Ketika itu, sebagai lembaga non-pemerintah, organisasi ini memanfaatkan pariwisata sebagai bagian dari perdagangan internasional serta strategi pembangunan ekonomi bagi negara-negara berkembang. Organisasi non-pemerintah ini terus berjalan sampai kemudian pada 1967 tercetus ide untuk membentuk lembaga pemerintah yang bekerjasama dengan badan internasional, terutama PBB. Akhirnya, pada 1970, atas rekomendasi PBB terbentuklah UNWTO.

2. Apa Itu UNWTO?

UNWTO Fokus Pada Pariwisata Dunia
UNWTO Fokus Pada Pariwisata Dunia via Instagram/coreevoyage

Jelas, bahwa UNWTO merupakan lembaga internasional yang bertujuan untuk membangun serta meningkatkan pariwisata sebagai kontributor dalam pembangunan ekonomi. Organisasi Pariwisata Dunia ini punya program-program pengembangan pariwisata yang punya kontribusi langsung bahkan terhadap pemberantasan kemiskinan dan kelaparan. Pariwisata diharapkan ikut andil dalam peningkatan kemampuan ekonomi sebuah negara.

Salah satu program pariwisata UNWTO yang gencar dipromosikan adalah Ekoturisme. Sederhananya ia adalah sebuah konsep atau program yang fokus pada wisata dan sekaligus kelestarian alam.

3. Bentuk Kerjasama UNWTO dengan Indonesia

Indonesia Melakukan Banyak Kerjasama, Salah Satunya dengan UNWTO
Indonesia Melakukan Banyak Kerjasama, Salah Satunya dengan UNWTO via Instagram/siarnews

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan focal point UNWTO. Sehingga, pemerintah juga cukup aktif ikut serta dalam beberapa program yang digagas organisasi ini. Salah satu bentuk kerjasama antara Indonesia dan UNWTO adalah proyek Sustainable Tourism Through Energy Efficiency with Adaptation and Mitigation Measures in Pangandaran.

4. TripOnYu, Aplikasi Anak Bangsa Salah Satu Penerima Penghargaan UNWTO

TripOnYu Aplikasi Anak Bangsa Peraih Penghargaan dari UNWTO
TripOnYu Aplikasi Anak Bangsa Peraih Penghargaan dari UNWTO via Instagram/adiet.pram

Nah, terkait UNWTO, pada awal 2018 lalu, ada sebuah kabar yang membanggakan bagi Indonesia. Aplikasi TripOnYu, karya anak bangsa asal Solo, meraih Award for Innovation in Non Govermental Organizations dari Organisasi Pariwisata Dunia ini sebagai juara satu. Aplikasi TripOnYu memungkinkan masyarakat lokal di suatu tempat wisata untuk terlibat langsung memajukan potensi wilayahnya.

Kabar ini tentu menjadi angin segar bagi pariwisata Indonesia. Semoga, akan ada lagi aplikasi dari anak bangsa lain yang bermunculan dan diakui oleh dunia seperti oleh UNWTO ini ya, Teman Traveler.

Tags
aplikasi anak bangsa aplikasi triponyu Indonesia info terbaru penghargaan unwto
Share