Manisan Carica, Camilan Seger Khas Wonosobo yang Pas untuk Oleh-oleh

Advertisement

Wonosobo adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki sederetan wisata yang indahnya di luar akal sehat. Sebut saja Puncak Dieng dengan Bukit Sikunir, juga negeri di atas awan yang bisa dinikmati saat mendaki Gunung Prau. Tak hanya itu, kuliner Wonosobo juga sayang untuk dilewatkan. Satu yang tak boleh ketinggalan diborong adalah manisan carica. Apakah itu?

Buah Carica alias Pepaya Gunung

Buah Carica via Instagram @jne.bandung

Manisan carica terbuat dari buah carica, mirip pepaya tetapi bentuknya lebih mungil dan bergelombang. Kalau pepaya biasa tumbuh di daerah dengan cuaca panas, carica hanya bisa tumbuh di dataran tinggi dengan suhu dingin. Oleh karena itu buah ini juga disebut pepaya gunung. Buah berwarna kuning dan hijau ini banyak tumbuh di Dataran Tinggi Dieng.

Membuat Manisan Sendiri di Rumah

Manisan Carica via Instagram @caricagemilangjkt

Pecinta kuliner ingin mencoba membuat manisan carica sendiri? Proses pembuatannya cukup sederhana. Dibutuhkan buah carica yang sudah matang pohon, air, gula, dan garam. Beginilah proses pembuatannya:

  1. Kupas carica, dikeluarkan bijinya, dipotong ukuran sedang
  2. Rebus biji carica, setelah mendidih diamkan sampai dingin
  3. Saring air rebusan biji carica, tambahkan gula dan sedikit garam ke dalamnya. Rebus sampai mendidih.
  4. Masukkan potongan carica. Angkat dan biarkan sampai dingin.
  5. Manisan siap dinikmati

Khasiat Manisan Carica

Manisan Carica khas Wonosobo
Manisan Carica khas Wonosobo via Instagram/@panddawa_tourandtravel

Konon manisan carica memiliki banyak manfaat, terutama vitamin C terdapat dari kandungan buah carica, baik untuk kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas. Carica dikenal baik untuk pencernaan karena mengandung enzim papain dan serat yang tinggi. Selain itu, buah carica mengandung zat agrinin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Oleh – Oleh khas Wonosobo

Manisan Kemasan Botol via Instagram @sweet.papaca

Manisan carica dikemas dalam wadah plastik seperti kemasan air mineral gelas. Biasanya ditata di dalam dus, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah. Selain kemasan gelas, ada juga yang kemasan botol kaca. Teman traveler dapat dengan mudah menemukan manisan carica di sepanjang jalan di pusat oleh-oleh Wonosobo. Buah tangan khas ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.000 per dus isi 4. Untuk harga kemasan botol kaca dibanderol sekitar Rp25.000.

Ternyata manisan carica selain enak juga bermanfaat bagi kesehatan ya. Terlebih lagi, camilan ini ramah di dompet pula. Jika Teman Traveler berkunjung ke Wonosobo, pastikan tak lupa untuk memborongnya, ya.

Advertisement
Tags
Carica Indonesia Jawa Tengah kuliner Wonosobo
Share