Onde-onde Bo Liem Sudah Laris Sejak 1929, Oleh-oleh dari Mojokerto yang Nggak Boleh Dilewatkan

Onde-onde Bo Liem jadi buah tangan wajib saat liburan ke Mojokerto. Kue tradisional berbentuk bulat, berisi kacang hijau dan penuh wijen ini sudah dirintis sejak puluhan tahun lalu. Mereka terus bertahan sebab tidak meninggalkan resep rahasia yang diwariskan. Seluar biasa apakah si bulat ini? Berikut ulasannya!

Onde-onde Legendaris Sejak 1929

Resep Onde-onde Bo Liem Sejak 1929 via Instagram/mas_brew_culinary

Onde-onde Bo Liem boleh bersaing dengan kue legendaris Indonesia lainnya seperti Roti Liong, Toko Roti Tan Ek Tjoan atau Roti Trubus dari Jogja. Pasalnya, kudapan berbentuk bulat dengan biji wijen di mana-mana ini, sudah mulai dirintis sejak 1929. Jika dihitung, usia onde-onde ini kurang lebih sudah 90 tahun.

Usaha dan Resep Turun-temurun

Usaha dan Resep Turun-temurun via Instagram/gitoeste

Onde-onde Bo Liem dijalankan pertama kali oleh Mak Bo Liem. Resep yang dimiliki kemudian diwariskan pada anak-anaknya. Resep tersebut terus dipertahankan hingga kini. Tidak heran jika cita rasa onde-onde ini bikin banyak orang kepincut dari generasi ke generasi ya.

Resep Turun-temurun yang Nggak Pernah Gagal via Instagram/kabarmojokerto

Seperti rahasia kuliner legendaris lainnya, mempertahankan resep warisan memang merupakan salah satu kunci kesuksesan Onde-onde Bok Liem sampai saat ini. Dari mulai bentuk hingga rasa, kualitasnya tetap terjaga.

Menggunakan Bahan Berkualitas

Menggunakan Bahan-bahan Berkualitas via Instagram/fannysucitro

Onde-onde Bo Liem dibuat dari bahan-bahan berkualitas dan tanpa bahan pengawet. Tekstur empuknya dapat bertahan hingga 24 jam. Jadi cocok sekali dibawa sebagai buah tangan saat berkunjung ke Mojokerto.

Proses Penggorengan Juga Diperhatikan via Instagram/aswin_aryawan

Selain bahan, proses pembuatan onde-onde ini pun diperhatikan dengan baik. Mulai dari menyiapkan isian onde-onde berupa kacang hijau tumbuk hingga proses penggorengan. Disebutkan bahwa saat menggoreng, suhu minyak harus tetap dijaga. Semua agar onde-onde yang dihasilkan bertekstur lembut, renyah dan tidak pecah.

Dikemas dengan Rapi untuk Menjaga Kualitas via Instagram/lianawicaksana

Agar kualitas onde-onde tetap baik, sistem pengemasannya pun diperhatikan dengan baik. Setiap onde-onde Bo Liem dibungkus rapi dengan plastik sehingga tetap higienis.

Lokasi dan Harga

Kunjungi Tokonya Langsung di Mojokerto via Instagram/antoblessedman

Oleh-oleh khas Mojokerto ini bisa ditemukan di Jln. Empu Nala No.43, Mojokerto. Harga satu kotak yang berisi 10 buah onde-onde dibandrol sebesar Rp50 ribu.

Oleh-oleh Wajib Saat ke Mojokerto via Instagram/alfinazulfa91

Dalam satu kotak tersebut, Teman Traveler bisa mendapatkan onde-onde dengan isi original atau kacang ijo, keju, pisang, coklat, hingga durian. Selain onde-onde, pengunjung juga bisa sekaligus belanja keciput dan aneka kue lain.

Onde-onde Bo Liem yang sudah mulai dirintis sejak 1929 dan masih bertahan hingga kini, patut diapresiasi. Teman Traveler bisa membelinya sebagai oleh-oleh setelah mengunjungi candi dan beberapa destinasi wisata asyik di Mojokerto.

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner Mojokerto onde-onde bo liem
Share