4 Toko Roti Legendaris, Ada yang Berdiri Sebelum Indonesia Merdeka

Kue kekinian yang bentuknya lucu memang tengah hits banget di Indonesia. Apalagi yang memiliki rasa manis. Pun demikian, tidak sedikit toko roti di tanah air yang masih bertahan di tengah gempuran kuliner baru. Bahkan, beberapa toko roti legendaris yang berdiri sebelum Indonesia merdeka masih ramai pengunjung. Seperti di bawah ini.

1. Tan Ek Tjoan, Jakarta

Roti Tan Ek Tjoan di Jakarta
Roti Tan Ek Tjoan di Jakarta via instagram/@nina_epicure

Toko roti yang sampai saat ini bertahan adalah Tan Ek Tjoan. Konon, toko ini sudah ada sejak tahun 1920. Seperempat abat sebelum Indonesia merdeka. Tan Ek Tjoan sebelumnya terkenal di Bogor dan kemudian ramai di pasar Jakarta sekitar tahun 1953. Untuk teksturnya jauh dari lembut. Roti ini memiliki serat kasar dan berat dengan warna kekuningan. Pun demikian rasanya tak perlu ditanyakan lagi.

Roti Tan Ek Tjoan
Roti Tan Ek Tjoan via instagram/@lilykitc88

2. Roti Orion, Solo

Roti Orion
Roti Orion via instagram/@meitarchie

Liburan ke Solo, kurang lengkap jika belum berburu oleh-oleh. Selain Serabi Notosuman, kamu bisa membawa roti orion sebagai buah tangan untuk orang di rumah. Roti ini termasuk legendaris karena sudah ada sejak tahun 1932. Jenis rotinya banyak, dan pastinya nendang di lidah. Salah satunya bolu yang teksturnya lembut. Sedangkan aromanya wangi.

Roti Bolu Orion
Roti Bolu Orion via instagram/@dapurliza

3. Toko Roti Sidodadi, Bandung

Toko Roti Sidodadi Bandung
Toko Roti Sidodadi Bandung via instagram/@lets.go.eat

Bandung memiliki banyak toko roti legendaris yang hingga saat ini masih bertahan. Salah satunya Toko Roti Sidodadi yang berlokasi di Jalan Otoiskandardinata No. 255. Jenisnya banyak dengan isianya bermacam-macam. Menariknya, di sini juga tersedia jajanan pasar yang tak kalah nendang. Nah, salah satu yang bisa kamu coba di sini adalah roti bangket. Makin mantap saat disantap saat masih hangat.

Toko Roti Sidodadi
Toko Roti Sidodadi via instagram/@ppriyanthi

4. Roti Go, Purwokerto

Roti Go Purwokerto
Roti Go Purwokerto via instagram/@roti_go

Satu lagi yang disebut-sebut sebagai toko roti tertua di Indonesia. Namanya Roti Go yang beralamat di Jalan Jenderal Soedirman Nomor 724 Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Konon, toko ini sudah berdiri sejak tahun 1898. Hingga saat ini, penerus toko tersebut masih menggunakan resep turun temurun. Ada beberapa varian baru agar terlihat lebih kekinian. Soal rasa banyak macamnya. Ada cokelat, keju, cokelat keju, dan banyak lagi. Jenis yang paling populer di sini adalah roti sobek. Rasanya nikmat, apalagi ditemani secangkir teh atau kopi hangat.

Roti Go
Roti Go via instagram/@roti_go

Nah, itulah empat toko roti legendaris yang bahkan sudah berdiri sebelum Indonesia merdeka. Jadi, mana nih yang sudah pernah kamu coba?

Tags
Bandung Banyumas Bogor Indonesia Jakarta Kuliner Legendaris kuliner tradisional Purwokerto Solo
Share