Nostalgia Mainan dan Camilan 90-an di Jogja, ke Omah Mbok Jajan Yuk!

Annissa NCSaputri

Annissa NCSaputri

On Indonesia
Jajanan 90-an Jajanan 90-an

Generasi 90-an pasti tak asing lagi dengan aneka mainan lucu seperti tamagochi. Atau jajanan cokelat berbentuk bulat. Yap, hampir semua mainan dan jajanan 90 an ini punah dan susah ditemukan. Namun, tidak dengan Jogja. Ada satu tempat yang menyediakan mainan serta jajanan tersebut. Namanya Omah Mbok Jajan yang siap membuat Teman Traveler bernostalgia dengan masa kecil dulu. Seperti apa sih keunikan dari Omah Mbok Jajan ini? Yuk, simak pengalaman menarik dari Kontributor Travelingyuk, Annissa NCSaputri berikut ini.

Tempatnya Sederhana tapi Bikin Bahagia

Omah Mbok Jajan via instagram @mbokjajan
Omah Mbok Jajan via instagram @mbokjajan

Sebelum memasuki halaman tempat makan ini, Teman Traveler akan disambut dengan tulisan ‘Omah Mbok Jajan’. Berlokasi di Jalan Ireda No. 181A Yogyakarta, bangunan Omah Mbok Jajan cukup sederhana. Di serambi kita bisa mendapati gubuk yang penuh dengan snack jaman dulu. Di dekat pintu pun berderet botol-botol limun dan beberapa teko hijau berlurik putih yang menambah suasana 90-an semakin terasa.

Rentengan jajanan khas 90-an via instagram @jogjafoodhunter
Rentengan jajanan khas 90-an via instagram @jogjafoodhunter

Meski bangunannya sederhana, namun Teman Traveler bakal bahagia luar biasa saat melangkah ke dalam. Bagaimana tidak, tempat yang dikenal sebagai surganya mainan dan jajanan 90-an ini mampu membuat pengunjung melepas rindu dengan barang-barang ‘jadul’ yang mungkin sudah sangat susah ditemukan di tempat lain.

Suasana jaman dulu via instagram @jogjafoodhunter
Suasana jaman dulu via instagram @jogjafoodhunter

Di ruangan ini pula, ada rak kayu dan bambu yang berjejer penuh dengan mainan khas jaman dulu. Beberapa jajanan juga tersedia di keranjang anyaman bambu. Ada spot dinding dimana penuh dengan kaset pita dan televisi kuno di atas rak yang membuat atmosfer seperti kembali ke tahun 90-an.

Surganya Jajanan 90-an

Jajanan di Mbok Jajan via instagram @jogjafoodhunter
Jajanan di Mbok Jajan via instagram @jogjafoodhunter

Kurang rasanya jika berada di Mbok Jajan tapi tidak memborong jajanan yang ada di sini. Banyak macam panganan yang bisa ditemukan di sini. Mulai dari permen, cokelat, mie kemasan, kwaci, manisan, biskuit, jeli, dan snack lainnya. Tentunya khas banget dengan jajanan 90 an.

Cokelat koin dan payung via inatagram @gembulfoodie
Cokelat koin dan payung via inatagram @gembulfoodie

Jenis permen jadul juga tersedia di sini. Ada permen karet, permen susu, hingga permen berbagai rasa. Sebut saja permen karet Yosan yang menjadi primadona di zamannya. Kemudian ada Permen Sapi, Collins Butter Nut, Pendekar Biru, Davos, Bolala, dan masih banyak lagi. Selain itu, Omah Mbok Jajan juga menyediakan cokelat choyo-choyo, cokelat koin, cokelat payung, dan cokelat jago.

Krip-krip via instagram @jogjafoodhunter
Krip-krip via instagram @jogjafoodhunter

Mie Krip-Krip yang menjadi camilan favorit anak 90-an, ternyata masih diidolakan hingga sekarang. Termasuk pengunjung Omah Mbok Jajan. Tak hanya itu, camilan seperti Gulai Ayam, Kenji, Mie Gemez, hingg Fujimie berjejeran di sini. Soal harga, tentu sudah tak sama seperti dulu. Namun harga masih wajar dan sangat terjangkau. Bahkan, kantong Teman Traveler tak akan bolong mesi memborong makanan di sini.

Nostalgia Mainan Masa Kecil

Mainan jaman dulu via instagram @jogjafoodhunter
Mainan jaman dulu via instagram @jogjafoodhunter

Tak hanya jajanan yang disediakan, Mbok Jajan juga menyediakan berbagai barang-barang jadul seperti alat tulis, alat masak, dan mainan. Jenis mainan, baik tradisional maupun modern tersedia di sini. Ada game bot, tamagochi, dan watergame juga banyak diburu oleh pengunjung. Lengkap banget kan?

Flashback masa kecil via instagram @jogjataste
Flashback masa kecil via instagram @jogjataste

Selain mencoba aneka mainan, Omah Mbok Jajan juga menyediakan komik dan buku-buku. Teman Traveler bisa bermain sekalian untuk membaca buku-buku jadul yang pastinya penuh dengan kenangan. Tak hanya itu, tempat ini juga menyediakan banyak spot berfoto yang keren abis. Apalagi mengingat konseonya yang khas tempo dulu. Pastinya sangat cocok untuk Teman Traveler yang ingin OOTD-an.

Surganya jajanan dan mainan 90-an via instagram @jogjataste
Surganya jajanan dan mainan 90-an via instagram @jogjataste

Liburan ke Omah Mbok Jajan, bakal merasa seperti masuk ke mesin waktu dan kembali ke jaman 90-an. Segala jajanan, mainan, atau pernak-pernik di sini dijamin mampu mengobati rindu masa lalu. Bagaimana,Teman Traveler tertarik juga untuk berburu mainan dan jajanan 90 an? Sempatkan mampir ke sini ya!