Empat Oleh-oleh Artis ini Bisa Kamu Temukan di Makassar

Makassar merupakan salah satu kota di Sulawesi yang tak hanya mengandalkan keindahan alamnya. Tradisi serta budaya di sini juga masih dilestarikan. Begitu pula dengan kuliner khasnya yang menjadi favorit banyak wisatawan. Kepopuleran Makassar tak diragukan lagi, bahkan banyak artis yang menggeluti bisnis kuliner Makassar. Beberapa di antaranya juga menawarkan oleh-oleh yang pastinya bikin kamu penasaran.

1. Makassar Baklave

Makassar Baklave
Makassar Baklave via instagram/@makassarbaklave

Pernah dengar jajanan bernama Baklave? Kue ini merupakan makanan ringan khas Turki serta daerah kekuasan Kerajaan Ottoman yang terdiri dari kacang walnut atau pistache cincang dan pemanis yang dibungkus adonan roti tipis. Di Makassar, kamu juga bisa menemukan makanan ini di Jalan Hasanuddin No. 31. Namanya Makassar Baklave yang merupakan toko milik Irfan Hakim. Varian yang ditawarkan ada enam, yaitu nutty frutty, rich cheeese, oreo blast, royal chocolate, banana fluffy, serta green tea. Untuk harganya sekitar Rp65.000.

Sepotong Makassar Baklave
Sepotong Makassar Baklave via instagram/@makassarbaklave

2. VB Molten Cheese

VB Molten Cheese Makassar
VB Molten Cheese Makassar via instagram/@vbmoltencheese

Selain Irfan Hakim, Verrell Bramasta juga memiliki gerai oleh-oleh di Makassar. Namanya VB Molten Cheese yang memiliki cita rasa manis dan gurih sempurna. Baru buka di September 2017 lalu, gerai ini sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di pusat kota. Varian yang disajikan ada japanese cheese tart dan japanaese cheese cake yang menggunakan keju impor dari Jepang. Selain itu, masih ada jenis kue lain yang menggoda dengan nama anggota keluarga Verrell. Penasaran dengan jajanan ini? Kamu bisa langsung berkunjung ke salah satu cabangnya di Jalan Boulevard No 14 Panakkukang.

VB Molten Cheese
VB Molten Cheese via instagram/@vbmoltencheese

3. Bolu ta’ Makassar

Bolu ta' di Makassar
Bolu ta’ di Makassar via instagram/@bolutamakasar

Sebelum Verrell, Arie Untung dan Fenita Arie lebih dulu mengenalkan kue andalannya . Mereka menyebutnya dengan nama Bolu ta’ Makassar yang kini juga menjadi salah satu oleh-oleh artis di Makassar. Bentuknya tak jauh beda dengan japanese cheesecake. Bagian dalamnya juga memiliki tekstur lembut yang bikin siapapun ngiler. Varian rasanya beragam, bahkan ada yang taro. Menariknya lagi, kamu bisa makan jajanan ini di tempat. Ada tempat makan yang dikemas sederhana tapi bikin betah. Penasaran? Mampir saja ke Jalan Adiyaksa No.25, Pandang, Panakkukang.

Bolu Ta' Makassar
Bolu Ta’ Makassar via instagram/@atik_muttaqin

4. Bosang Makassar

Bosang Makassar varian Cokelat
Bosang Makassar varian Cokelat via instagram/@bosangmakassar

Berikutnya, oleh-oleh artis yang juga banyak dibicarakan adalah Bosang Makassar. Makanan yang terdiri dari gabungan cheese cake lembut dengan pastry di tengahnya ini dikenalkan oleh Ricky Harun pada awal tahun 2017 lalu. Varian yang ditawarkan bermacam-macam dari coklat, keju, green tea, lemon, durian, hingga red velvet. Untuk mendapatkan camilan enak ini, kamu bisa mengunjungi gerainya di Jalan DR. Sam Ratulangi No. 106 dan Jalan Adyaksa baru No.23.

Bosang Makassar varian Keju
Bosang Makassar varian Keju via instagram/@bosangmakassar

Kelezatan dari empat oleh-oleh artis di atas memang menggiurkan. Pun demikian, jangan sampai lupa untuk menjajal buah tangan khas Makassar lain yang tak menggoda. Seperti kacang disko, kopi toraja, hingga kerupuk jintan.

Tags
Indonesia Kuliner Oleh oleh Makassar Sulawesi Selatan
Share