Oleh-oleh Makanan dari Sambas, Berbagi Kenikmatan dengan Orang-orang di Rumah

Sambas adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Barat. Memiliki banyak surga wisata tersembunyi yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Pantai Selimpai, Pantai Polaria, dan lain-lain. Selain wisata di Sambas yang menawan, kulinernya pun memiliki kelezatan yang bikin lidah tertawan. Nah, kali ini Travelingyuk akan memberikan rekomendasi oleh-oleh makanan dari Sambas yang cocok buat keluarga di rumah. Ini daftarnya.

Lempok Durian

Lempok durian, via Instagram/tjhiuwong
Lempok durian, via Instagram/tjhiuwong

Salah satu makanan yang paling sering dibawa pulang untuk oleh-oleh dari Sambas adalah lempok durian atau yang lebih familiar disebut dengan dodol durian. Seperti namanya, bahan utama pembuatan makanan ini berasal dari durian. Jadi aroma dan rasanya sangat khas durian ya Teman Traveler. Jika kamu sedang berada di Sambas, jangan lupa untuk membawanya pulang, supaya keluarga di rumah bisa mencobanya.

Snack Talas

Snack talas, via Instagram/snacktalas.id
Snack talas, via Instagram/snacktalas.id

Buah tangan lain yang rekomended adalah snack talas. Bisa jadi camilan saat berada di alat transportasi atau oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Bahan utama pembuatannya adalah talas yang kemudian dipadukan dengan berbagai rempah-rempah, kombinasi rasanya begitu mewah. Satu hal lagi yang membuat makanan ini cocok untuk dibawa pulang adalah tahan lama. Tertarik membawakannya untuk orang-orang rumah?

Bawang Dayak

Bawang dayak, via Instagram/littletwin_handmade
Bawang dayak, via Instagram/littletwin_handmade

Bawang dayak juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga. Jangan salah ya, bawang jenis ini digadang-gadang memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mulai dari penyakit flu, batuk, sakit perut sampai dengan kanker. Kamu bisa membawanya dalam bentuk mentah ataupun telah diolah. Tertarik memboyong pulang bawang dayak ini?

Bingka Berandam

Bingka berendam, via Instagram/zahratunnisa_88
Bingka berendam, via Instagram/zahratunnisa_88

Ada juga namanya bingka berandam. Ini merupakan kuliner yang memang banyak di temukan di Kalimantan, dan biasanya akan semakin banyak kala bulan Ramadan. Bingka berendam ini merupakan jenis biasa, bedanya diberi kuah yang terbuat dari air gula. Karena itulah rasanya jadi manis dan cocok untuk berbuka puasa. Kamu bisa membeli dengan bebas bingka berendam di Sambas ya.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh makanan khas Sambas yang bisa kamu bagikan kenikmatannya dengan orang-orang rumah. Bagaimana, apakah ada yang pengin dicoba?

Tags
Indonesia kuliner oleh-oleh sambas sambas
Share