Oleh-oleh Khas Solo Wajib Bawa Pulang, Mau yang Mana?

Jalan-jalan ke suatu tempat pulang tanpa membawa oleh-oleh rasanya kurang lengkap. Jika Teman Traveler sedang liburan di Solo, bisa banget sekalian membeli atau sekedar icip-icip sejumlah oleh-oleh khas Solo. Tak perlu bingung memilih, berikut saya berikan beberapa rekomendasinya, khusus untuk kalian. Yuk, simak bersama ulasannya.

Karak dan Intip Solo

oleh_oleh_1_W6Z.jpg
Intip Solo (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Makanan satu ini bisa Teman Traveler temukan di sejumlah pasar tradisional, Pasar Gedhe Solo salah satunya. Intip terbuat dari kerak nasi
yang dijemur hingga kering kemudian digoreng. Begitu matang, intip
biasanya diolesi karamel gula Jawa. Namun ada juga yang dibiarkan polos, sesuai selera.

Selain intip, Teman Traveler juga bisa mencicipi karak khas Solo yang bentuknya lebih tipis. Jajanan ini biasanya dijual mentah dan bisa kalian goreng sendiri. Tersedia dalam beberapa varian rasa, mulai gurih, manis, hingga pedas, makanan ini biasanya dihargai sekitar Rp10.000. Enggak mahal kok.

Serabi Notosuman

20190903_111932_tnE.jpg
Pembuatan serabi (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Jajanan satu ini cukup sering dicari wisatawan. Kelezatannya sudah terkenal banget. Bentuk dan cara pembuatannya mirip pancake dan tersedia dalam berbagai rasa. Teman Traveler bisa pilih varian pisang, nangka, coklat ataupun original.

Memasak serabi di sini masih menggunakan cara tradisional, memanfaatkan tungku arang ala jaman dulu. Namun justru inilah yang membuat aroma dan rasanya begitu khas. Teman Traveler bisa membeli Serabi Notosuman di Jalan Moh. Yamin no 28. Satu dus berisi 10 serabi biasanya ditawarkan seharga Rp28.000.

Abon Mesran

oleh_oleh_3_Grv.jpg
Abon Mesran (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Kuliner satu ini enak banget ketika disantap bersama nasi hangat. Bahannya terbuat dari daging sapi atau ayam yang dibumbui sedemikian rupa. Sangat cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Teman Traveler bisa temukan Abon Mesran di Jalan Kalilarangan, Solo. Kalian tinggal mampir ke salah satu toko oleh-oleh yang memadati kawasan ini. Harganya cukup murah, sekitar Rp18.000 per ons.

Rambak Petis

oleh_oleh_4_xAK.jpg
Rambak petis (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Nah, yang satu ini adalah salah satu camilan populer khas Solo. Rambah Petis biasanya terbuat dari kulit sapi atau kerbau, digoreng kering mirip kerupuk. Rasanya gurih, cocok untuk cemilan di rumah. Lebih mantap lagi jika dicocol bersama petis.

Salah satu penjual Rambak Petis recommended bisa Teman Traveler temukan di daerah Jagalan. Harganya dibanderol Rp20.000 per ons. Kualitasnya benar-benar bagus dan berbeda dari bahan yang biasanya diolah untuk masakan krecek.

Srundeng

oleh_oleh_5_YSR.jpg
Srundeng dan abon (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Srundeng terbuat dari parutan kelapa yang dicampur bumbu. Rasanya mirip abon. Ada sensasi gurih dan manis ketika menyentuh lidah. Teman Traveler bisa menjadikannya sebagai tambahan lauk atau disantap begitu saja bersama nasi putih. Satu ons srundeng biasanya ditawarkan seharga Rp15.000 saja.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Solo yang bisa Teman Traveler beli untuk sanak keluarga di rumah. Semuanya enak dan dijamin takkan bikin kecewa. Bagaimana, kalian sudah memutuskan untuk beli yang mana?

Tags
kontributor kuliner Solo Solo Travelingyuk
Share