Oleh-oleh Khas Pasuruan yang Jadi Incaran Wisatawan

Jawa Timur memiliki banyak sekali destinasi wisata bagus, antara lain di Malang, Surabaya, dan Banyuwangi. Namun banyak yang tidak tahu bahwa ada segudang lokasi yang perlu untuk dijelajahi di Pasuruan. Meskipun tidak seterkenal kota lainnya di Jawa Timur, kota ini menyimpan beragam destinasi wisata dan kuliner yang sangat memanjakan. Tak hanya itu, ada juga oleh-oleh Pasuruan enak untuk orang-orang yang sudah menunggu di rumah.

1. Bipang Jangkar

Bipang khas Jangkar via Instagram oleholeh_pasuruan

Sudah diproduksi sejak tahun 1949, Bipang Jangkar menjadi salah satu oleh-oleh langganan para wisatawan. Saat pertama kali diproduksi, Bipang Jangkar hanya memiliki sedikit varian rasa, tapi sekarang sudah banyak jenisnya. Selain itu dahulu pada awalnya, buah tangan satu ini dibungkus dengan memanfaatkan kertas, tapi sekarang sudah menggunakan plastik. Jadi lebih awet dan tidak melempem.

Bipang Jangkar dengan kemasan kertas Via Instagram fesiang

Bagi kamu yang tidak familiar dengan Bipang Jangkar, ini merupakan kuliner yang terbuat dari bahan dasar beras kemudian dipanaskan dengan menggunakan suhu yang tinggi sampai mengembang. Setelah itu dicampur dengan rasa-rasa lalu dipotong kotak-kotak. Rasanya renyah dan juga manis. Cocok sekali buat kamu para penggemar kuliner manis.

2. Roti Matahari

Varian Roti Matahari Via Instagram yulindanunggalaa

Tak kalah legendaris dari Bipang Jangkar, Roti Matahari sudah mulai diproduksi sejak tahun 1955 di Pasuruan. Bagi kamu yang tertarik untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh, bisa datang ke Toko Roti Matahari yang berlokasi di Jalan Raya Soekarno Hatta No. 42-44, Pasuruan. Di sini ada berbagai jenis roti, mulai dari roti sisir, roti ronde, roti kasur, dan lain sebagainya. Sementara itu yang jadi primadona para wisatawan adalah roti sisir.

Penampakan Roti Matahari via Instagram sasmitaedo

3. Permen Jahe

Ting Ting Jahe Via Instagram truefeelove

Sepertinya oleh-oleh khas Pasuruan ini didominasi oleh makanan yang memiliki citarasa manis. Setelah sebelumnya ada Bipang Jangkar dan Roti Matahari, ada juga permen Jahe. Tidak seluruhnya manis, ada sensasi rasa pedas yang berasal dari jahe.

Permen Jahe di toples Via Instagram banbino

Biasanya di Pasuruan disebut dengan Ting Ting Jahe. Saat awal pembuatannya, kuliner satu ini dibungkus dengan kemasan kertas. Sekarang sudah menggunakan plastik dan lebih praktis. Selain enak, oleh-oleh ini juga menyehatkan karena terbuat dari bahan dasar jahe.

4. Ikan Lempuk

Ikan Lempuk Crispy Via Instagram tampilberseri

Jika makanan sebelum-sebelumnya bercitarasa manis, ini ada oleh-oleh gurih khas Pasuruan yang bisa dibawa pulang. Ikan lempuk ini memiliki bentuk menyerupai teri, kecil-kecil memiliki panjang sekitar 2 atau 3 cm. Olahannya beragam, tapi yang banyak dibawa untuk oleh-oleh adalah lempuk crispy. Cocok dijadikan camilan maupun lauk makan.

Itulah jajaran buah tangan yang bisa kamu bawa pulang dari Pasuruan, Jawa Timur. Kira-kira apa lagi ya yang biasa dijadikan oleh-oleh dari Pasuruan? Yuk share di kolom komentar.

Tags
buah tangan Pasuruan Indonesia Jawa Timur oleh-oleh khas Pasuruan oleh-oleh Pasuruan Pasuruan
Share