Rekomendasi Kuliner Enak di Pasuruan yang Wajib Dicoba

Isti

Isti

On Indonesia
Kuliner Pasuruan Kuliner Pasuruan

Liburan ke Surabaya, sekalian saja mampir ke Pasuruan. Selain dekat, objek wisata di kota ini juga lumayan banyak. Seperti Taman Safari Prigen atau Bhakti Alam yang menawarkan keindahan alam khas Kota Santri. Tak hanya itu, kuliner di sini juga tak kalah menggoda.

1. Kepiting Cak Gundul 1992

Kepiting Cak Gundul, Pandaan
Kepiting Cak Gundul, Pandaan [image source]
Pecinta seafood pasti tak asing lagi dengan rumah makan Cak Gundul. Selain di Surabaya, tempat makan ini juga terdapat di Pasuruan. Lebih tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 604, Pandaan. Restoran ini terbilang cukup legendaris lantaran sudah berdiri sejak tahun 1990-an. Menu di sini tidak dihargai per porsi, melainkan berat dari kepiting yang dipesan. Hingga artikel ini ditulis, jenis king crab dipatok sekitar Rp30.000 per ons.

Kepiting Cak Gundul
Kepiting Cak Gundul [image source]

2. Kupang Lontong Pak Coboy

Kupang Lontong Pak Coboy Pandaan
Kupang Lontong Pak Coboy Pandaan [image source]
Kupang lontong merupakan kuliner khas Jawa Timuran, termasuk Pasuruan. Salah satu tempat yang terkenal dengan menu kupang lontongnya ini adalah Pak Coboy. Letaknya di Dokter Sutomo, Pandaan atau di seberang Ayam Goreng Sri. Sajian menu di sini memiliki rasa pas. Kuahnya gurih dengan tambahan lento di dalamnya. Jika mau, kamu bisa menambahkan sate kerang sebagai lauk tambahan.

Kupang Lontong Pak Coboy
Kupang Lontong Pak Coboy [image source]

3. Rawon Sakinah

Rawon Sakinah Pasuruan
Rawon Sakinah Pasuruan [image source]
Rawon Pasuruan memang terkenal nikmat. Tak hanya kuah hitam yang pekat, tambahan sate komoh menjadi penambah spesial kuliner ini. Seperti di Warung Makan Sakinah, Pasuruan. Tempat makan yang berada di Jalan RA Kartini ini menyajikan rawonnya bersama sate panggang berukuran jumbo. Meski besar, namun bumbu satenya meresap hingga ke bagian terdalam.

Sate Komoh enak di Pasuruan
Sate Komoh enak di Pasuruan [image source]

4. Soto Gondrong

Soto Gondrong & Pujasera Pandurata, Prigen
Soto Gondrong & Pujasera Pandurata, Prigen [image source]
Prigen merupakan kecamatan di Pasuruan yang sering dijadikan tempat istirahat para wisatawan. Selain menawarkan hotel berbintang dengan pemandangan pegunungan, kuliner di kawasan ini juga menggugah selera. Seperti Soto Gondrong yang berada di Pandurata Pujasera atau di Jalan Raya Tanjung Arum. Rasanya gurih apalagi ditambah sambal dan jeruk nipis.

Soto Gondrong & Pujasera Pandurata
Soto Gondrong & Pujasera Pandurata [image source]

5. Sate Pak Tawi

Sate Pak Tawi, Pasuruan
Sate Pak Tawi, Pasuruan [image source]
Tak jauh dari warung Soto Gondrong, ada Sate Pak Tawi yang tak kalah menggoda. Letaknya berada di Pasar Indah, tepatnya di depan pintu masuk pasar. Berbeda dengan sate biasanya, kuliner ini memiliki dua warna berbeda yaitu putih dan hitam. Cita rasa yang berwarna putih lebih asin tapi tetap bikin ketagihan. Disajikan dengan sambal pedas serta bumbu kacang sangat pas disantap saat sore hari.

Sate Pak Tawi
Sate Pak Tawi [image source]
Berbeda dengan Malang, Pasuruan memang bukan kota tujuan wisata. Namun, tidak ada salahnya untuk menjejalah kuliner di sini saat liburan ke kota Apel. Baik dari Malang atau Surabaya, jaraknya juga cukup dekat dengan transportasi yang memadai.