Serba Tuna, 9 Oleh-oleh Khas Pacitan untuk Dibawa Pulang

Tahu tuna merupakan salah satu oleh-oleh khas Pacitan yang banyak sekali diburu. Selain memiliki rasa yang nikmat, olahan tuna ini juga menawarkan gizi yang banyak. Sudah menjadi rahasia umum ya jika ikan laut memiliki banyak sekali protein yang bagus untuk perkembangan otak. Ternyata, di Pacitan olahan tuna bukan hanya tahu tuna saja, banyak sekali jenis lainnya. Berikut ini oleh-oleh khas Pacitan dari tuna yang bisa untuk dibawa pulang.

1. Tahu Tuna

Tahu Tuna khas Pacitan, Via Instagram queen_frozen_foods
Tahu Tuna khas Pacitan, Via Instagram queen_frozen_foods

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tahu tuna merupakan buah tangan khas Pacitan yang bisa dibilang paling banyak dicari. Olahan tahu ini merupakan tahu yang diberi isian ikan tuna yang sebelumnya telah dicampur dengan bumbu dan juga tepung. Digoreng saja rasanya sudah sangat nikmat.

2. Lumpia Tuna

Lumpia Tuna, Via Instagram frozenfood_sampang
Lumpia Tuna, Via Instagram frozenfood_sampang

Olahan lainnya yang bisa untuk dibawa pulang adalah lumpia tuna. Biasanya sudah dikemas rapi dan telah dalam kondisi beku. Isiannya, biasanya adalah wortel yang dipadu dengan ikan tuna. Rasanya benar-benar istimewa, bisa jadi camilan ataupun juga lauk makan.

3. Martabak Tuna

Martabak Tuna, Via Instagram frozenfood_sampang
Martabak Tuna, Via Instagram frozenfood_sampang

Martabak tuna juga bisa menjadi oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang dari Pacitan jika bosan dengan tahu tuna. Rasanya juga tidak kalah enak dengan martabak yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi. Bahkan, banyak yang menyebutkan jika rasanya cukup gurih dan bikin nagih.

4. Otak-otak Tuna

Otak-otak tuna, Via Instagram dinasti_shop
Otak-otak tuna, Via Instagram dinasti_shop

Otak-otak tuna menambah daftar oleh-oleh dari Pacitan yang bisa kamu boyong pulang. Citarasanya dominan gurih dicocol dengan berbagai sambal dan saus juga membuatnya makin nikmat. Bisa jadi kudapan atau lauk makan.

5. Sosis Tuna

Sosis Tuna, Via Instagram toskimoski
Sosis Tuna, Via Instagram toskimoski

Sosis ayam ataupun sosis sapi sudah sangat biasat ya? Yuk coba bawa pulang sosis ikan tuna dari Pacitan yang memiliki rasa istimewa. Bisa digoreng ataupun jadi olahan makanan juga bisa. Oleh-oleh satu ini perlu untuk dibawa pulang sebagai buah tangan keluarga di rumah.

6. Rolade Tuna

Rolade Tuna, Via Instagram lanirosi
Rolade Tuna, Via Instagram lanirosi

Terbuat dari daging giling dan dicampurkan dengan bumbu, rolade ikan tuna khas Pacitan sangat lezat dan nikmat. Bisa digoreng saja ataupun juga dijadikan lauk makanan. Enak disantap sendirian ataupun bersama dengan keluarga.

7. Pangsit Tuna

Pangsit Tuna, Via Instagram olahan_ikan_malang
Pangsit Tuna, Via Instagram olahan_ikan_malang

Siapa sangka ya, ikan tuna bisa ‘disulap’ menjadi pangsit yang lezat. Nah, perpaduan antara kulit pangsit dan ikan tuna akan menjadi oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang selanjutnya dari Pacitan. Dipadu dengan mie enak, dimakan sebagai camilan tidak kalah lezatnya.

8. Nugget Tuna

Nugget Tuna, Via Instagram kedaikakung
Nugget Tuna, Via Instagram kedaikakung

Nugget selama ini banyak dijadikan sebagai lauk ya. Nah, ikan tuna ini ternyata juga bisa jadi nugget dengan rasa yang istimewa. Tinggal goreng saja, kamu tidak perlu banyak usaha untuk membuatnya. Karena memang dari Pacitan nugget tuna ini sudah dalam kondisi beku, tinggal goreng.

9. Bakso Tuna

Bakso Tuna, Via Instagram tahutunapacitan
Bakso Tuna, Via Instagram tahutunapacitan

Teakhir ada bakso tuna yang bisa dipilih sebagai oleh-oleh. Tekstur ikan tuna ini akan terasa sekali saat digigit. Nah, untuk pembuatan bakso tuna ini, ikan digiling lalu dicampur dengan tepung tapioka dan ditambah dengan bumbu-bumbu.

Ternyata banyak juga ya oleh-oleh dari Pacitan yang berasal dari ikan tuna. Sudah penah coba yang mana sebelumnya?

Tags
Indonesia Jawa Timur oleh-oleh khas Pacitan pacitan
Share