5 Oleh-oleh Khas Jambi, Ada Gelang Penangkal Sumpah Lho

Oleh-oleh khas Jambi wajib Teman Traveler buru jika ingin membawa buah tangan istimewa untuk keluarga maupun sahabat di kampung halaman. Apalagi bagi orang Indonesia, rasanya tak afdol jika tak mampir ke toko oleh-oleh untuk borong suvenir atau makanan khas usai bepergian.

Jambi sendiri termasuk daerah yang memiliki beragam barang dan makanan menarik untuk dijadikan buah tangan. Agar Teman Traveler tak bingung, berikut adalah rekomendasi beberapa oleh-oleh khas Jambi yang bisa kalian pilih.

Kopi Bubuk AAA

Kopi Bubuk AAA (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Bagi para pecinta kopi yang tengah berada di Jambi, sempatkanlah membeli Kopi AAA sebagai oleh-oleh. Terkenal dengan cita rasanya yang khas, kopi ini takkan Teman Traveler jumpai di tempat lain. Selagi di Kota Bertuah, kalian bisa mendapatkannya dalam berbagai kemasan di mini market maupun warung-warung sederhana.

Batik Jambi

Batik Jambi yang bisa dijadikan tengkuluk (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Batik khas Jambi memiliki keunikan tersendiri, hingga tak sedikit wisatawan membelinya sebagai oleh-oleh. Jika Teman Traveler tertarik, kalian tinggal mampir ke deretan toko sekitar Simpang Pulai-Kebun Jeruk. Ada banyak pilihan kreasi batik menarik di sana.

Dodol Kentang

Dodol kentang khas Kerinci (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Dodol kentang termasuk salah satu jajanan khas Jambi dan banyak ditemukan di Kerinci, salah satu penghasil kentang terbesar di Kota Bertuah. Kemasannya cukup sederhana dan praktis untuk dijadikan oleh-oleh. Rasanya juga enak, bisa dinikmati semua kalangan.

Duku Kumpeh

Buah Duku Kumpeh (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Teman Traveler jangan lewatkan kesempatan membeli Duku Kumpeh selagi berada di Jambi. Buah yang terkenal punya daging lezat ini banyak ditemukan di daerah Muaro Jambi, penghasil duku kualitas super. Saking enaknya, buah dari sini sering dikirim ke daerah lain.

Duku sendiri termasuk buah musiman. Teman Traveler hanya bisa menjumpainya setahun sekali. Biasanya akan berbuah di awal bulan.

Gelang Sebalik Sumpah

Gelang khas Suku Anak Dalam (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Dari bentuknya, Gelang Sebalik Sumpah sepintas nampak sederhana. Namun jangan salah, asesoris ini menjadi salah satu ciri khas Suku Anak Dalam, suku pedalaman Jambi. Dibuat dari biji-bijian hutan dan diikat menggunakan tali.

Menurut cerita yang beredar, masyarakat Suku Anak Dalam dulunya harus merayu pohon untuk dipanjat dan mendapatkan bijinya. Gelang ini juga diyakini sanggup menangkal bala dan membalikkan sumpah serapah. Itulah yang membuatnya lantas disebut ‘Sebalik Sumpah’.

Seiring perkembangan zaman, Suku Anak Dalam kini menjadikan Gelang Sebalik Sumpah sebagai kerajinan tangan bernilai ekonomi. Teman Traveler bisa mendapatkannya di berbagai pusat oleh-oleh di Jambi.

Itulah deretan rekomendasi oleh-oleh khas Jambi yang bisa Teman Traveler dapatkan selagi jalan-jalan di Kota Bertuah. Bagaimana, kalian mau beli yang mana nih?

Tags
Jambi kontributor Travelingyuk wisata jambi
Share