Oleh-oleh Khas Cirebon untuk Dibawa Pulang

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Sirup Tjampolay, Via Instagram octa_dy Sirup Tjampolay, Via Instagram octa_dy

Buat kamu yang gemar traveling, Cirebon menjadi salah satu daerah di Indonesia yang sangat perlu untuk dijelajahi. Ini merupakan daerah perbatasan yang memiliki banyak destinasi wisata. Misalnya saja ada Taman Sari Gua Sunyaragi, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Makam Sunan Gunung Jati, dan masih banyak lainnya. Lelah jalan-jalan, kamu perlu oleh-oleh khas Cirebon untuk dibawa pulang.

Kira-kira apa saja oleh-oleh khas Cirebon yang bisa dibawa dari daerah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Udang ini ya? Yuk ikuti ulasannya seperti berikut ini.

Terasi Udang Cirebon

Terasi udang Cirebon, Via Instagram rumah.amisanti
Terasi udang Cirebon, Via Instagram rumah.amisanti

Salah satu oleh-oleh yang banayk diburu saat jalan-jalan ke Cirebon adalah terasi udang. Konon, terasi udang Cirebon ini sudah ada sejak zaman kerajaan Singapura yang merupakan salah satu kerajaan yang berdiri di Cirebon. Buat kamu yang gemar memasak menggunakan terasi, oleh-oleh-oleh satu ini cocok dibawa pulang.

Rengginang Mini Khas Cirebon

Rengginang Cirebon, Via Instagram khadeeja.cirebon
Rengginang Cirebon, Via Instagram khadeeja.cirebon

Selain terasi, buah tangan lain dari Cirebon yang bisa banget untuk dibawa pulang adalah rengginang. Berbeda dengan rengginang di daerah lainnya, buah tangan dari Kota Udang ini memiliki beragam rasa gurih yang berasal dari ikan laut. Misalnya saja ada rasa udang, terasi, dan bahkan sampai bahan-bahan seperti keju. Bentuknya juga menyerupai bola-bola kecil yang memudahkan saat dimakan.

Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay, Via Instagram sirup.tjampolay
Sirup Tjampolay, Via Instagram sirup.tjampolay

Jenis oleh-oleh lainnya yang bisa dibawa pulang adalah Sirup Tjampolay yang sudah mulai diproduksi mulai tahun 1936 yang lalu. Sudah hampir tiga generasi, sirup ini bisa banget untuk jadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Untuk varian rasanya banyak sekali, sekitar 15 macam. Ada jeruk, merlon, mangga, dan lain-lain.

Emping Bumbu

Emping Bumbu, Via Instagram empingroso
Emping Bumbu, Via Instagram empingroso

Emping merupakan keripik yang berasal dari melinjo. Di daerah lainnya memang ada emping, namun ini sedikit berbeda dari yang lainnya. Emping di Cirebon memiliki rasa-rasa yang unik, ada pedas manis sampai dengan rasa udang. Ada yang dijual dalam bentuk yang sudah matang, ada pula yang masih mentah.

Sirup Asam Kawak

Sirup Asem Kawak, Via Instagram pitulikur_jamu
Sirup Asem Kawak, Via Instagram pitulikur_jamu

Tak hanya sirup tjampolay yang bisa dibilang melegenda, kamu bisa membawa pulang sirup asem kawak. Ini merupakan situp yang terbuat dari buah asam yang berusia tua yang kemudian dipadukan dengan gula batu yang dimasak hingga mengental. Karena bahan yang dibuat asli dari buah asam, rasanya jadi asam-asam manis yang menyegarkan.

Demikianlah buah tangan khas Cirebon yang bisa untuk diboyong pulang untuk keluarga di rumah. Jadi, apakah sudah memutuskan jenis oleh-oleh mana yang dibawa pulang untuk keluarga di rumah?