Oleh-oleh khas Kediri yang Wajib Dibeli

Di antara sekian banyak tempat wisata di Kediri, Simpang Lima Gumul yang mirip Arc de Triomphe dan pantai Kedung Tumpang adalah dua yang paling jadi favorit. Apakah saat pulang kampung kamu berencana mengunjungi dua tempat tersebut? Kalau iya, jangan lupa untuk bawa pulang juga oleh-oleh khas Kediri. Apa saja ya yang wajib dibawa pulang setelah pulang kampung ke Kediri? Ini daftarnya :

1. Stik Tahu Kediri

Stik Tahu Kediri [Image Source]
Tahu biasanya digoreng untuk dijadikan lauk, tapi di Kediri tahu bisa jadi camilan loh. Yup, stik tahu siapa sih yang tidak tahu? Kriuk dan gurihnya membuat camilan ini cocok buat pendamping nasi. Nah di Kediri kamu bisa menemukan banyak sekali camilan ini di toko oleh-oleh, seperti di kawasan Jalan Pattimura dan Jalan Yos Sudarso.

Stik tahu khas Kediri [Image Source]

2. Tahu Pong Kediri

Tahu Kediri [Image Source]
Dengan sebutan Kota Tahu, sudah pasti tak lengkap jika pulang kampung tanpa membawa tahu. Salah satu yang wajib adalah tahu pong, tahu putih gurih yang digoreng didalamnya berasa kosong melompong. Paling enak tahu pong ini dimakan dengan sambal petis dan cabe rawit. Ada beberapa toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi jika ingin beli, seperti toko Tahu Poo yang ada di Jalan Yos Sudarso nomor 36 atau toko Tahu dan Takwa Bahkacung di Jalan Trunojoyo nomor 59.

Tahu Pong Kediri [Image Source]

3. Tahu Takwa atau Tahu Kuning

Tahu kuning [Image Source]
Lebih padat dari tahu putih, saat digoreng bagian luar akan kering dan kriuk tapi bagian dalam tetap lembut adalah sensasi yang kamu rasakan ketika makan tahu kuning atau tahu takwa khas Kediri. Bersama dengan oleh-oleh berbahan dasar tahu lainnya, tahu jenis ini juga sudah dijadikan buah tangan sejak tahun 90-an. Agar gampang dibawa pulang, biasanya tahu takwa dikemas dengan kotak dari anyaman bambu.

Tahu Kuning LYM [Image Source]

4. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang [Image Source]

Siapa bilang Kediri cuma punya tahu? Nih ada gethuk pisang yang rasa jadulnya bikin kamu balik ke masa lalu. Sekali gigit, manis yang legit dan sedikit rasa asam sungguh bikin ketagihan. Bentuknya mirip dengan lontong, tapi lebih padat. Kalau mau bawa gethuk pisang sebagai oleh-oleh dari Kediri, kamu bisa mengunjungi toko Gethuk Pisang Madusari yang ada di Jalan Ngadisimo Utara I nomor 37 atau di sekitar kawasan Jalan Pattimura.

Gethuk Pisang Kediri [Image Source]

5. Keripik Bekicot

Keripik bekicot yang gurih [via]

Jika kamu gemar atau penasaran dengan makanan ekstrem, Kediri punya keripik bekicot sebagai oleh-oleh khasnya. Ya, tak cuma sate 02 saja kini sudah ada bekicot dalam bentuk keripik. Ada rasa gurih, renyah dan sedikit manis di dalamnya. Saat dijadikan sate pun tekstur dagingnya sangat empuk dan nikmat apalagi setelah disiram bumbu. Jangan menilai rasa dari tampilannya saat masih hidup ya, karena jika sudah mencobanya kamu pasti bakal ketagihan. Dapatkan si keripik ini di Jl. Pare-Wates.

Keripik Bekicot [Image Source]

6. Cokelat Tempe

Cokelat tempe merk Niki khas Kediri [via]

Nah, oleh-oleh terakhir yang wajib kamu bawa pulang setelah berkunjung dari Kediri adalah cokelat tempe. Mungkin bagi mereka yang pertama kali mendengar namanya akan merasa makanan ini cukup aneh. Bagaimana jadinya cokelat yang manis dan legit dicampur dengan tempe yang biasanya dijadikan lauk pendamping nasi dengan rasa gurih? Daripada kebingungan, sebaiknya dicoba saja sendiri. Merk yang terkenal adalah Niki, dengan rasa yang unik dan berbeda dijamin bisa bikin kamu ketagihan. Kamu bisa dapatkan cokelat ini di Jalan Tinalan 4 Barat No. 5, Kelurahan Tinalan ya.

Cokelat tempe dari Blitar [via]
Itu dia 6 oleh-oleh yang patut dibawa pulang setelah berkunjung di Kediri. Coba sendiri biar kamu makin tahu makanan khas Kota Tahu.

Tags
Indonesia Jawa Timur Kediri Oleh-oleh Tahu
Share