Aktivitas Olahraga Sebelum Mendaki, Persiapkan Fisikmu Dulu

Siapa di antara Teman Traveler yang sudah merencanakan mendaki gunung tapi harus batal karena penutupan jalur pendakian? Ya, beberapa gunung di Indonesia sedang dilanda kebakaran hutan. Tapi jangan sedih, manfaatkan waktu ini untuk melatih fisik dengan melakukan beberapa aktivitasi olahraga sebelum mendaki.

Latihan fisik sebelum mendaki memang tak boleh disepelekan. Kira-kira olahraga apa saja ya, yang cocok dilakukan sebelum mendaki gunung?

stage_7_photography_gaod3jrpxgs_unsplash_l3U.jpg
Ilustrasi jogging via Unplash

Berenang

Olahraga Sebelum Mendaki
Ilustrasi berenang via Unplash

Jangankan mendaki gunung, segala aktivitas seringan apapun pasti menuntut pernafasan yang baik. Apalagi mendaki gunung yang mengharuskan Teman Traveler berjalan berjam-jam dan melewati segala macam medan. Salah satu cara untuk melatih pernafasan sebelum mendaki gunung yakni berenang.

Dengan berenang secara teratur sebelum mendaki gunung, akan membuat nafas lebih teratur dan tidak terengah-engah. Yuk berenang setidaknya dua kali seminggu, agar perjalanan Teman Traveler saat mendaki lebih enjoy.

Push up

sam_owoyemi_xeerwh4abma_unsplash_hP1.jpg
Ilustrasi push up via Unsplash

Olahraga selanjutnya yang direkomendasikan untuk Teman Traveler sebelum mendaki gunung, yakni push up. Mengapa diperlukan push up?. Semua perbekalan mendaki gunung akan masuk dalam tas carrier yang akan Teman Traveler bawa saat berjalan berjam-jam.

Tas carrier yang berat itu, tentu membutuhkan kemampuan bahu yang kuat untuk menopangnya. Dengan melakukan push up secara rutin, Teman Traveler akan melatih kekuatan bahu dan tubuh bagian atas sehingga kuat menopang beratnya tas carrier.

Jogging

Olahraga Sebelum Mendaki
Ilustrasi jogging via Unplash

Tanpa kekuatan otot kaki, pendakian Teman Traveler pasti terhambat. Satu bulan sebelum pendakian dimulai, usahakan untuk rutin melakukan jogging setiap hari. Jogging atau lari-lari kecil merupakan aktivitas fisik yang paling mudah Teman Traveler lakukan.

Aktivitas fisik ini akan meningkatkan stamina. Juga membuat otot kaki lebih kuat untuk digunakan mendaki selama berjam-jam. Setelah jogging, Teman Traveler juga bisa menambahkan dengan gerakan naik dan turun tangga secara rutin, yang juga dapat meningkatkan kekuatan otot kaki.

Bersepeda

Olahraga Sebelum Mendaki
Ilustrasi bersepeda via Unplash

Kekuatan otot kaki memang menjadi kunci utama aat mendaki gunung. Selain jogging, Teman Traveler juga bisa melatik kekuatan otot kaki dengan bersepeda. Membiasakan diri untuk rutin bersepeda dan jogging sebelum mendaki, tentu akan membuat pendakian Teman Traveler terasa enjoy.

Ingin lebih meningkatkan kekuatan otot kaki lagi? Yuk, coba bersepeda di jalan yang menanjak. Terbiasa mengayuh sepeda di jalan menanjak, otomatis juga akan melatih otot kaki yang nantinya akan melewati berbagai medan saat mendaki gunung.

Itulah sekilas ulasan mengenai aktivitas olahraga yang dapat Teman Traveler lakukan sebelum mendaki gunung. Sudah siap mempraktekkannya?

Tags
Indonesia kontributor Olahraga Sebelum Mendaki tips dan inspirasi Travelingyuk
Share