Olahan Lontong dari Berbagai Daerah Indonesia

Nasi merupakan menu utama masyarakat Indonesia. Maka dari itulah seringkali orang-orang beranggapan belum makan jika belum mengonsumsi yang namanya nasi. Padahal, banyak juga sumber karbohidrat lainnya yang dipilih. Supaya tidak bosan, beras diolah menjadi banyak masakan selain nasi, misalnya saja lontong. Banyak olahan lontong khas Nusantara yang citarasanya bikin susah berpaling.

Lontong Kupang, Surabaya

Lontong Kupang, Via Instagram yongyen88
Lontong Kupang, Via Instagram yongyen88

Kota Pahlawan, Surabaya memiliki varian lontong kupang yang memiliki banyak penikmat. Ini merupakan lontong yang dipadukan dengan lauk berupa kupang, yakni sejenis kerang berukuran kecil yang mudah ditemukan dipinggir pantai. Lontong kupang memiliki citarasa yang gurih dan enak. Tapi berhati-hatilah, ada beberapa orang yang tak bisa menyantap kupang lantaran alergi.

Lontong Balap, Surabaya

Lontong Balap, Via Instagram horizonhoman
Lontong Balap, Via Instagram horizonhoman

Surabaya tidak hanya lontong kupang saja, ada pula lontong balap yang bisa dibilang lebih populer. Dalam seporsi lontong balap ini akan ada irisan lontong, tahu, kacang lento, sate kerang, taoge dan kemudian disiram dengan kuah bening serta bumbu petis. Ditambah dengan sambal dan kecap, nikmatnya bikin tambah lagi dan lagi.

Lontong Sayur, Betawi

Lontong Sayur Betawi, Via Instagram zahrazidane
Lontong Sayur Betawi, Via Instagram zahrazidane

Untuk jenis lontong, Betawi atau Jakarta memiliki lontong sayur yang disebut juga dengan ketupat sayur. Lontong ini banyak dijual di Jakarta, mulai di pinggir jalan sampai dengan restoran. Biasanya, dalam seporsi lontong sayur ini akan ada isian lodeh buah pepaya muda, kacang panjang, irisan tempe dan tahu. Biasanya ditambah dengan irisan telur untuk makin melengkapi lauknya. Biasanya juga ditambah dengan kerupuk dan bawang goreng yang bikin rasanya makin menggoda.

Lontong Kikil, Surabaya

Lontong Kikil, Via Instagram santhiserad_food
Lontong Kikil, Via Instagram santhiserad_food

Tak hanya lontong balap dan lontong kupang saja, Surabaya juga memiliki jenis lainnya, yakni lontong kikil. Lontong ini menggunakan kikil sapi sebagai bahan baku utamanya. Kikil sapi direbus hingga empuk lalu dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah. Ditambah dengan santap membuat rasanya semakin meriah. Jangan lupa mencicipi lontong kikil ini jika jalan-jalan ke Surabaya.

Lontong Tuyuhan, Rembang

Lontong Tuyuhan, Via Instagram dedew_writer
Lontong Tuyuhan, Via Instagram dedew_writer

Di Rembang ada juga jenis lontong yang bernama lontong tuyuhan. Diberi nama tuyuhan lantaran lontong satu ini berasal dari Desa Tuyuhan yang terdapat di Rembang. Sekilas, lontong tuyuhan ini mirip sekali dengan opor ayam dengan kuah kuningnya yang khas. Tapi, lontong dari Rembang ini memiliki rempah yang lebih kuat. Ayam yang digunakan juga jenis ayam kampung.

Lontong Kari, Bandung

Lontong Kari, Via Instagram akudoyanmakan
Lontong Kari, Via Instagram akudoyanmakan

Lontong Kari merupakan kuliner yang berasal dari Bandung. Ada dua jenis daging yang bisa dipilih, ayam dan juga sapi. Kuah karinya merupakan campuran berbagai bumbu tradisional lalu ditambah dengan emping, telur rebus, dan juga perasan jeruk nipis yang membuat rasanya makin nendang di mulut.

Lontong Tahu, Blora

Lontong Tahu, Via instagram eatandjournal
Lontong Tahu, Via instagram eatandjournal

Dari Blora, Jawa Tengah ada lontong tahu yang disajikan tanpa menggunakan kuah. Lontong tahu ini memiliki rasa yang sangat pas dengan bumbu yang mampu menggoyang lidah. Bahan bumbu utamnya adalah kacang tanah, bawang putih, garam dan juga cabai, kencur, dan jeruk nipis. Bumbu-bumbu tersebut diulek dan ditambah dengan jeruk nipis. Nantinya akan disajikan dengan lontong yang sudah diberi irisan tahu goreng, kol mentah, tauge, kacang tanah, bawang goreng, dan juga kerupuk.

Ragam lontong khas Nusantara yang bisa dicicipi kelezatannya jika berkunjung ke daerah asalnya ya. Yuk cicipi satu per satu supaya makin banyak kuliner Nusantara yang kamu coba.

Tags
kuliner Indonesia lontong khas nusantara
Share