Olahan Buah Naga Untuk Buka Puasa, Bikin Nggak Sabar Untuk Cicip!

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia
Olahan Buah Naga Olahan Buah Naga

Minuman manis tak selalu menyehatkan. Teman Traveler tentu butuh mengonsumsi buah-buahan segar. Buah naga menjadi salah satu buah yang mudah dijumpai keberadaanya dan tak sulit untuk membuatnya menjadi hidangan lezat. Berikut beberapa inspirasi olahan buah naga yang bisa dicoba dan disantap ketika berbuka puasa. Simak!

Jus Buah Naga

Olahan buah naga
Jus buah naga, via Instagram/bumiaki

Cara paling mudah mengolah buah naga yaitu dengan di jus. Tak sulit kok untuk membuat minuman menyegarkan ini. Teman Traveler tinggal mengambil daging buahnya, masukkan ke dalam blender, agar rasanya makin lezat tambahkan yakult atau kental manis beserta es batu, lalu blender sampai lembut. Selain segar, buah ini juga menyehatkan karena kaya akan manfaat dan berperan sebagai pembersih racun alami dari dalam tubuh.

Puding Buah Naga

Puding buah naga
Puding buah naga, via Instagram/cynthiahali

Selain jus, ada variasi lain yang bisa ditiru nih yakni diolah menjadi puding. Manis sekaligus menyegarkan, siapkan beberapa bahan yang diperlukan. Mulai dari buah naga, satu bungkus agar-agar putih, gula pasir, vanili, susu putih cair, dan air putih.

Caranya dengan merebus air yang dicampur dengan agar-agar, gula, dan bubuk vanili, lalu aduk dan rebus. Lalu tambahkan potongan buah naga, susu, dan masak hingga mendidih. Tuangkan ke wadah dan masukkan ke dalam lemari es dan siap disantap deh! Hidangan ini pas disantap sebagai takjil.

Smoothie Buah Naga

Diolah menjadi smoothies
Diolah menjadi smoothies, via Instagram/mouthofindonesia

Menariknya, buah ini juga cocok diolah menjadi smoothies. Perbedaannya dengan jus, smoothies memiliki tekstur yang lebih pekat dan dalam penyajiannya biasa disantap dengan potongan buah-buahan lainnya sehingga kaya akan rasa.

Caranya buah naga dipotong dadu terlebih dulu kemudian masukkan kental menis dan aduk sampai rata. Untuk topping sesuai dengan selera, Teman Traveler bisa tambahkan granola, bubuk cokelat, meses, atau potongan agar-agar. Pasti seger banget deh!

Sop Buah Naga

Sop Buah
Sop Buah, via Instagram/foodiemyfoodie

Sajian yang nggak asing lagi di telinga pecinta kuliner Indonesia ialah sop buah. Biasanya santapan ini banyak dijumpai di Pasar Takjil. Tapi jika ingin lebih puas, Teman Traveler bisa membuatnya sendiri dirumah.

Satu mangkuk sop buah juga terdiri dari beberapa potongan buah yang beramacam-macam. Seperti mangga, pepaya, pisang, dan lain-lain. Untuk rasa manis bisa tambahkan air atau kental manis sesuai selera.

Itulah sejumlah inspirasi olahan buah naga yang cocok jadi menu buka puasa. Tertarik untuk mencobanya di rumah?