Berbagai Olahan Kuliner dari Buah Belimbing, Segar dan Kaya Manfaat

Belimbing, Buah yang sering terdapat di pekarangan rumah atau pinggir jalan ini ternyata bisa diolah dalam berbagai bentuk. Selain itu, buah ini juga kaya akan manfaat seperti menurunkan asam lambung, meredakan sembelit, kaya vitamin C, baik untuk penderita diabetes dan lain-lain. Sekarang ini, Teman Traveler dipermudah dengan adanya berbagai olahan dari buah belimbing. Tentu dengan rasa yang super segar. Berikut Travelingyuk akan membahas sekilas tentang olahan kuliner dari buah belimbing yang patut dicoba.

Sari Buah

Sari buah belimbing
Sari buah belimbing Via Instagram/neserike

Untuk membuat sari buah dibutuhkan buah belimbing dengan kualitas yang bagus dengan kulit berwarna kuning. Belimbing yang terlalu matang tidak bisa digunakan sebagai bahan baku. Biasanya untuk membuat sari buah belimbing ini, buah harus disortir terlebih dahulu, kemudian dicuci, direndam ke dalam air bersuhu sekitar 80 derajat celcius selama 3-5 menit, lalu dihancurkan, Sarinya kemudian disaring, ditambahkan gula, hingga dimasukkan ke dalam botol dan siap diminum. Untuk satu botol sari belimbing ini diperlukan proses yang cukup panjang dan harus higienis.

Dodol Belimbing

Dodol Belimbing
Dodol Belimbing Via Instagram/umkmcentredepok

Dodol belimbing memilikinya rasa yang legit dan sedikit asam dari buahnya. Bahan baku untuk membuat dodol belimbing tidak berbeda dengan yang lain. Cara untuk membuatnya adalah dengan memasak santan kelapa hingga mendidih, kemudian dicampur dengan gula pasir, lalu masukkan tepung beras beserta belimbing yang telah dihaluskan. Terakhir, dodol diaduk selama 4 jam secara terus menerus.

Manisan Belimbing

Manisan Belimbing
Manisan Belimbing Via Instagram/dapurkreasi.id

Di kecamatan Sukosari, Kota Blitar ada salah satu warga bernama Ibu Masripah yang berjualan aneka olahan dari belimbing, khususnya manisan. Dikutip dari jatim.tribunnews.com ia membutuhkan sebanyak 20kg belimbing dalam seharinya. Proses pembuatannya adalah dengan membersihkan buah belimbing terlebih dahulu dan dipotong kecil-kecil, lalu direbus. Untuk perebusan menggunakan gula hingga tekstur buah menjadi lunak. Setelah lunak, buah diendapkan selama satu hari sampai kandungan airnya berkurang. Setelah itu buah dipanggang dan dimasukkan ke dalam kemasan.

Keripik Belimbing

Keripik Belimbing
Keripik Belimbing Via Instagram/aremafood

Belimbing juga bisa diolah menjadi keripik. Camilan ini memilki tekstur yang renyah. Proses pembuatannya dengan mencuci bersih buah, diiris tidak terlalu tipis, dimasukkan ke dalam panci yang berisi air dan larutan gula yang mendidih, rebus selama 15 menit dan tiriskan. Kemudian masukkan ke dalam open bertemperatur 200 derajat celcius, angkat, dan dinginkan. Keripik belimbing pun siap disantap.

Selain kaya manfaat, ternyata olahan kuliner dari buah belimbing ini bisa dicoba untuk camilan. Bagi Teman Traveler yang penasaran rasanya, bisa mencarinya secara online. Selamat berburu!

Tags
Indonesia kuliner olahan belimbing
Share