Jelajah Ohoi Letnam, Ada Flying Fox Estrem Lintasi Lautan!

Helga Christina

Helga Christina

On Indonesia
Gugusan pulau di Ohoi Letnam Gugusan pulau di Ohoi Letnam

Mungkin banyak di antara Teman Traveler yang belum berkesempatan mengunjungi Maluku. Padahal pulau di Indonesia timur tersebut menyimpan banyak cerita dan keindahan alam luar biasa. Kabupaten Maluku Tenggara kerap jadi pusat pariwisata lokal. Di sini Teman Traveler bisa menemukan banyak keindahan yang belakangan mulai dijamah para pelancong. Salah satunya adalah Ohoi Letnam.

Selain menawarkan pemandangan indah, tempat ini juga memiliki wahana ekstrem berupa flying fox dengan jalur melintasi lautan! Seperti apa serunya? Yuk, simak pengalaman saya di wisata Maluku berikut ini.

Berangkat Menuju Ohoi Letnam

Penduduk sekitar Kabupaten Maluku Tenggara (c) Helga Christina/Travelingyuk

Ohoi Letnam masuk wilayah Pulau Kei yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara. Semua turis dan wisatawan hanya bisa masuk melalui Kota Tual. Jaraknya lumayan jauh dari ibu kota Ambon. Jika berencana datang ke sini, Teman Traveler sebaiknya naik pesawat dari Ambon atau mendarat di Bandar Udara Langgur.

Tiketnya sendiri memang cukup mahal. Ada transportasi alternatif yaitu Kapal PELNI yang berlayar dari Ambon. Namun perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 19 jam. Teman Traveler harus benar-benar siap secara fisik dan mental lantaran kapal juga akan mampir di Banda Naira dulu.

Kala itu kami memilih naik Kapal PELNI untuk menekan budget. Begitu sampai di pelabuhan, Teman Traveler bisa menyewa motor atau mengikuti open trip dengan mendaftar sejak jauh-jauh hari. Sekedar tips, berwisata di Pulau Kei akan lebih murah jika beramai-ramai karena ada beberapa destinasi yang hanya bisa dicapai dengan kapal sewaan. Akan jauh lebih mahal jika Teman Traveler berangkat sendiri.

Kapal yang membawa kami ke tengah pulau (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kala itu anggota rombongan kami ada yang mengikuti kegiatan volunteer di Kepulauan Kei, sehingga kami akhirnya mampir ke Ohoi Letnam. Begitu sampai di Desa Letman, kami harus menyewa perahu untuk mencapai tengah-tengah pulau. Bagi yang punya nyali lebih, bisa berenang melawan arus hingga sampai seberang, seperti teman saya.

Pemandangan Indah Sekitar Pulau

Pemandangan sekitar pulau (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sebenarnya apa sih, yang membuat pulau ini begitu spesial? Banyak tentunya Teman Traveler. Masyarakat di sini begtitu ramah. Kalian juga bisa melihat pemandangan unik berupa kantong-kantong plastik digantung di atas tali, menghiasi langit desa.

Perjalanan menuju Ohoi Letnam hanya memakan waktu sekitar 10 menit. Di sini Teman Traveler pantang melewatkan sebuah wahana menarik, terutama bagi kalian yang mengaku suka menguji adrenalin atau punya nyali besar.

Flying Fox Melintasi Lautan

Spot terjun dan flying fox (c) Helga Christina/Travelingyuk

Di tengah derasnya arus laut, Teman Traveler akan menemukan spot melompat dari tebing. Tak ketinggalan ada wahana flying fox dengan jalur yang dimulai dari ketinggian, melintasi lautan, dan mendarat di atas sampan. Sangat menarik tentunya, juga menantang adrenalin.

Nantinya kru kapal akan menangkan Teman Traveler di tengah arus dan membawa kalian kembali ke pulau. Seru bukan? Wajib dicoba jika kalian tengah mencari pengalaman baru dan tak terlupakan.

Pulau Kecil bak Raja Ampat

Pemandangan dari atas menara (c) Helga Christina/Travelingyuk

Oh ya, di sini Teman Traveler bisa mengunjungi sebuah menara dan naik hingga ke puncaknya. Dari sana kalian bisa melihat pemandangan cantik berupa gugusan pulau-pulau kecil di sekitar Ohoi Letnam. Panoramanya sangat indah, bisa dibilang mirip-mirip dengan Raja Ampat di Papua.

Berfoto dari atas menara (c) Helga Christina/Travelingyuk

Panorama di sekitar Ohoi Letnam memang luar biasa indah. Di sini Teman Traveler bisa menikmati suasana sepi nan syahdu. Semuanya terasa damai, cocok untuk melepas penat sejenak dari rutinitas ibu kota.

Itulah penuturan singkat saya mengenai pengalaman jalan-jalan di Ohoi Letnam. Bagaimana Teman Traveler? Ada yang tertarik untuk segera merencanakan liburan dan mencoba wahana ekstrem di sini?