Sambut Nyepi, Saksikan Ogoh-ogoh di Tempat Wisata Ini

Setiap menjelang Hari Raya Nyepi, festival ogoh-ogoh pasti banyak ditemukan di sekitar pemukiman umat Hindu. Karya seni patung raksasa ini tak sembarangan, melainkan karya yang sarat makna. Ogoh-ogoh merupakan penggambaran hal-hal buruk dalam diri atau sifat yang harus dihindari oleh manusia. Makna tersebut juga biasa disebut Sad Ripu, yang berarti enam musuh dalam diri manusia. Menjelang hari raya umat Hindu tersebut, kamu dapat menyaksikan festival ogoh-ogoh Nyepi yang unik.

1. Festival Ogoh-ogoh Ancol

Masyarakat mengarak patung ogoh-ogoh untuk persiapan festival, via instagram/@st.ekacita

Untuk menyambut Hari Raya Nyepi dan melestarikan budaya Indonesia, Ancol menggelar festival ogoh-ogoh yang diadakan pada tanggal 18 Maret. Setidaknya akan terdapat enam kelompok yang akan melakukan parade dari kawasan Bende Ancol sampai Plasa Pantai Lagoon. Festival ini juga merupakan yang pertama kali diadakan di Ancol.

Patung-patung ogoh-ogoh yang melambangkan sifat buruk yang harus dihindari manusia via instagram/@wonderfullombok

2. Kompleks Candi Prambanan

Salah satu patung ogoh-ogoh yang sedang diarak via instagram/@andiwahyoedi

Pentas Budaya Tawur Agung juga dapat kamu saksikan di pelataran Candi Prambanan tanggal 16 Maret. Kegiatan yang akan dimulai pada pukul 17.00 tersebut dimulai dari pengarakan ogoh-ogoh, penyalaan obor NKRI, Tari Kecak, dan Tari Kain Nusantara. Puncak acara dilakukan setelah pembakaran ogoh-ogoh di akhir acara.

Festival ogoh-ogoh biasa dilakukan sebelum Hari Raya Nyepi via instagram/@andiwahyoedi

3. Museum Ogoh-ogoh Bali

Beberapa ogoh-ogoh yang ada di Museum Ogoh-ogoh Bali
Beberapa ogoh-ogoh yang ada di Museum Ogoh-ogoh Bali via instagram/@gedesanjayaaa

Menyaksikan ogoh-ogoh tak hanya saat festival saja. Di Bali kamu dapat melihat patung-patung raksasa ini di museum. Salah satunya adalah Museum Manusa Yadnya yang memiliki kurang lebih 20 patung ogoh-ogoh dari daerah Bali. Kemudian juga terdapat Museum Ogoh-ogoh Soka Indah yang terletak di rest area Pantai Soka, Tabanan, Bali.

Ogoh-ogoh bisa disaksikan, bahkan tidak saat Nyepi
Bisa dikunjungi kapan saja, tak hanya saat hari raya nyepi via instagram/@irma_ms7

Budaya Indonesia juga tak kalah beragam dari panorama alamnya. Berbagai macam budaya masih dilestarikan hingga saat ini. Ogoh-ogoh adalah salah satunya. Menurutmu budaya apa yang paling menarik dari Indonesia?

Tags
Bali Indonesia Jakarta nyepi ogoh ogoh Wisata Yogyakarta
Share