Intip Uniknya Ogoh-ogoh 2018, Ada yang Mirip Black Panther

Ogoh-ogoh adalah salah satu bentuk kebudayaan Bali yang selalu dinantikan tiap tahunnya. Diwujudkan dalam karya seni patung dan diarak pada senja menjelang Pangrupukan, sehari sebelum Nyepi. Mulanya ogoh-ogoh dibuat sebagai representasi Bhuta Kala. Namun dalam perkembangannya, tak sedikit yang memberikan sentuhan modern dengan mengambil inspirasi dari tampilan artis, pejabat terkenal, bahkan teroris.

Nyepi tahun ini akan jatuh pada tanggal 17 Maret. Namun belakangan, sudah ada sejumlah daerah yang mulai mengadakan perlombaan Ogoh-ogoh. Berikut TravelingYuk sajikan sejumlah bentuk Ogoh-ogoh yang cukup unik, bahkan ada yang mirip dengan tokoh superhero Black Panther rekaan Marvel.

1. Raksasa Kalaraja

Ogoh-ogoh Raksasa Kalaraja akan ramaikan festival di Ancol via Instagram sofiacakti

Raksasa Kalaraja rencananya akan ikut meramaikan pawai ogoh-ogoh yang digelar di Ancol pada 18 Maret mendatang. Patung berbentuk raksasa berwarna abu-abu ini dibuat oleh I Ketut Suandana di Pura Dharma Sidhi yang ada di Ciledug, Tangerang.P awai ogoh-ogoh sendiri sudah cukup populer di masyarakat Indonesia belakangan ini. Sejumlah daerah di luar Bali pun telah berinisiatif untuk mengadakan acara serupa guna meningkatkan potensi wisata masing-masing.

2. Gatotkaca Kalajaya

Gatotkaca Kalajaya dari Bandar Dualang via Instagram manikputraa

Ogoh-ogoh Gatotkaca Kalajaya merupakan buah karya tim pimpinan I Nyoman Edi Saputra, yang mewakili Banjar Dualang, Desa Peguyangan Kaja. Karya yang dibuat dengan modal 45 juta rupiah ini sukses menyabet gelar juara di lomba ogoh-ogoh se-Denpasar Utara.

Ogoh-ogoh Gatotkaca Kalajaya dari Banjar Dualang via Instagram manikputraa

Tema Gatotkaca Kalajaya sendiri diambil dari salah satu kisah dalam epos Mahabharata. Dikisahkan, terjadi perang saudara antara Pandawa dan Kurawa. Dengan cara curang, Kurawa akhirnya berhasil menang. Namun seiring berjalannya waktu, Pandawa akhirnya berhasil menang dan menegakkan Dharma.

3. Paksi Ireng

Ogoh-ogoh Paksi Ireng via Instagram info_balii

Paksi Ireng adalah ogoh-ogoh karya para pemuda di Desa Banjar Gemeh. Bentuknya cukup mengesankan, berwujud raksasa hitam dengan kuku tajam serta sayap mirip burung elang. Jika dilihat di bagian dada, terdapat semacam tato atau motif unik. Desain ini mengingatkan pada kostum karakter superhero Marvel, Black Panther, yang sempat populer usai filmnya tayang di bioskop beberapa pekan silam. Ogoh-ogoh Paksi Ireng sendiri menjadi salah satu yang cukup banyak diperbincangkan di media sosial.

Ogoh-ogoh Paksi Ireng dengan motif mirip Black Panther via Instagram ogohogoh_ramahlingkungan

4. Aji Pengeleakan Kawisesan Pudak Setegal

Ogoh-ogoh Pengleakan tunjukkan karakter wanita cantik via Instagram nusabalicom

Ogoh-ogoh berbentuk wanita cantik yang terlihat murka ini adalah kreasi sejumlah anak muda di Desa Galung, Badung. Inspirasi utamanya adalah ajian ilmu hitam Pengleakan Kawisesan Pudak Setegal.

Ogoh-ogoh Pengleakan ambil inspirasi dari Calonarang via Instagram nusabalicom

Ajian tersebut konon merupakan ilmu pemikat yang berwujud wanita cantik berbau harum. Salah satu legenda yang dikenal menguasai ilmu ini adalah Calonarang, tokoh penyihir dari dongeng populer Bali yang sudah ada sejak abad ke-12.

5. Narasinga Awatara

Ogoh-ogoh Narasinga merupakan perwujudan Dewa Wisnu via Instagram festivalogohogoh

Narasinga Awatara, atau sering disebut juga dengan Narasingh atau Narasimha, adalah salah satu perwujudan Dewa Wisnu yang turun ke dunia. Sosoknya digambarkan memiliki kepala singa dengan banyak tangan, masing-masing memegang senjata.

Ogoh-ogoh Narasinga dengan banyak tangan via Instagram pemuda_belah

Narasinga merupakan pelindung semua pemuja Wisnu dan dipercaya bakal bertindak jika ada salah satu di antara mereka berada dalam bahaya. Filosofi tersebut kemudian menjadi inspirasi para pemuda di desa Banjar Belah, Tabanan, untuk membuat ogoh-ogoh dengan bentuk yang begitu mengesankan seperti terlihat dalam gambar di atas.

6. Banjar Dewa

Ogoh-ogoh Banjar Dewa jadi juara di Festival Tulang Bawang via Instagram wahyudogen21

Mengusung bentuk raksasa, ogoh-ogoh satu ini terlihat kian semarak dengan tambahan visualisasi iblis dengan formasi melingkar di belakangnya. Tak heran jika ogoh-ogoh dari Banjar Dewa kemudian mendapat gelar juara pertama dalam festival yang digelar di Tulang Bawang pada 12 Maret. Ogoh-ogoh Banjar Dewa dinobatkan sebagai yang terbaik usai panitia menilai kreasi mereka paling sesuai dengan sinopsis, tema, aksesoris, atraksi, serta irama gamelan pengiring.

7. Begawan Lumanglang

Begawan Lumanglang dikisahkan menjelma laba-laba via Instagram piranha_seminyak

Begawan Lumanglang dikisahkan adalah salah seorang murid Begawan Sukra. Ia diutus oleh gurunya usai Dewa Wisnu meminta bantuan untuk mencari cara mengalahkan Sang Watugunung. Menyamar sebagai laba-laba, Begawan Lumanglang akhirnya mengetahui bahwa Sang Watugunung bisa dikalahkan dengan bentuk penyu. Berbekal informasi ini, Dewa Wisnu akhirnya sanggup meraih kemenangan dari sosok yang berupaya merebut istrinya.

Ogoh-ogoh Begawan Lumanglang hasil karya pemuda Seminyak via Instagram piranha_seminyak

Kisah tersebut kemudian menginspirasi para pemuda di Seminyak untuk membuat ogoh-ogoh unik dengan bentuk dewa berkaki laba-laba ini. Hasilnya pun terlihat dramatis dan mengesankan, sebagaimana terlihat pada gambar di atas.

Itulah tadi sejumlah ogoh-ogoh unik yang bisa dirangkum TravelingYuk dari sejumlah wilayah di Indonesia. Apakah ada yang bentuknya lebih mengesankan lagi dari daerah kamu? Coba share di kolom komentar, ya!

Tags
Bali Indonesia Jakarta nyepi ogoh ogoh Tulang Bawang
Share