Tak Kalah dengan Yogyakarta, Magelang Punya Objek Wisata Super Keren

Travelingyuk akan mengulas Objek wisata Magelang. Namun kali ini kita tidak akan membahas candi Borobudur saja. Sebab, daerah ini tidak hanya memiliki banyak jejak-jejak keren yang harus kamu ketahui biar wawasan bertambah sekaligus punya daftar pilihan saat menjelajah kota ddengan  julukan The Park of Java ini. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Candi Borobudur, Candi Yang Kemegahannya Telah Masyhur

Borobudur [image source]
Tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai sejarah candi Buddha terbesar di dunia yang ada di bumi Nusantara ini. Travelingyuk yakin sebagai penduduk Indonesia, kalian pasti sudah hafal bagaimana sejarah bangunan dari dinasti Syailendra ini, mengingat sejarahnya telah berulang kali dipelajari di sekolahan. Hanya satu yang perlu ditekankan, bahwa Candi Borobudur ini terletak di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Borobudur [image source]
Menikmati Candi Borobudur paling enak pada pagi hari saat udara masih sejuk dan matahari belum terik bersinar. Saat ini, traveler yang berkunjung ke sana pun tidak hanya disuguhi dengan kemegahan bangunan candi saja, namun bisa berkunjung ke museumya, hingga memilih kegiatan seru seperti berkeliling naik gajah. Candi Borobudur adalah tempat pertama yang wajib kamu kunjungi saat berada di Magelang. Belum ke Magelang jika kamu belum berkunjung ke candi ini. Oiya, selama perjalanan menuju ke candi ini, kamu juga akan melewati situs lainnya yang bernama Candi Mendut, mampirlah barang sejenak di sana.

Lokasi : Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

2. Golden Sunrise Punthuk Setumbu Yang Bikin Terharu

Punthuk Setumbu [image source]
Berada 2 km sebelah barat Borobudur, ada satu spot melihat matahari terbit yang ngehits. Adalah Punthuk Setumbu, sebuah kawasan perbukitan di jajaran Pegunungan Menoreh di Magelang. Bukit setinggi 400 mdpl ini akan penuh pengunjung sejak pagi buta atau sekitar jam 4 pagi. Mereka datang dengan tujuan yang sama yaitu melihat golden sunrise yang keluar dari balik candi Borobudur.

Punthuk Setumbu [image source]
Punthuk Setumbu sendiri awalnya hanyalah bukit biasa yang dimanfaatkan sebagai ladang bagi warga sekitar. Namun, suatu hari ada traveler yang datang ke sana dan takjub melihat keindahan matahari terbit yang berlatar belakang Candi Borobudur dari kejauhan. Sejak saat itu banyak orang yang penasaran dan datang ke lokasi ini untuk membuktikannya sendiri. Dengan bantuan media sosial, kawasan ini pun akhirnya menjadi obyek wisata baru yang menyedot banyak pengunjung baik traveler lokal maupun para bule.

Lokasi  : Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang

3. Bukit Rhema Saingan Punthuk Setumbu, Bikin Traveler Rela Mendua

Bukit Rhema [image source]
Pasti kalian belum pernah mendengar nama Bukit Rhema. Seuah tempat yang menjadi lokasi bangunan Gereja Ayam yang terkenal itu. Letaknya juga tidak jauh dari Punthuk Setumbu, bahkan mahkota Gereja Ayam bisa dilihat dari sana. Cukup berjalan kaki selama 15 menit menyusuri hutan dan perbukitan, maka sampailah kalian pada bukit yang dimaksud.

Bukit Rhema [image source]
Bukit Rhema adalah spot melihat pemandangan alam dan sunrise yang tidak kalah keren dari Punthuk Setumbu. Untuk melihat pemandangan yang keren traveler masih harus masuk ke dalam Gereja Ayam dan naik ke puncak mahkotanya. Dari sana pemandangan perbukitan dan Borobudur terlihat dengan jelas. Kalau lagi cerah, traveler juga bisa menyaksikan agungnya gunung Sumbing, Tidar, Merbabu, Suroloyo dan Merapi.

Lokasi : Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

4. Mau Melihat Magelang Dari Ketinggian? Cukup Ke Gunung Andong

Gunung Andong [image source]
Sebenarnya kamu bisa mendaki Gunung Merapi jika ingin melihat Kabupaten Magelang dari ketinggian. Jika tujuannya hanya ingin foto-foto sambil menikmati keindahan alam di ketinggian dengan akses yang mudah dijangkau, maka datang saja ke Gunung Andong. Gunung ini berada di perbatasan Salatiga, Semarang dan Magelang.

Gunung Andong [image source]
Tingginya memang tidak seberapa dibanding gunung Merapi maupun Gunung Sumbing, sebab tercatat Gunung Andong hanya menjulang setinggi 1.400-an meter di atas permukaan laut. Namun ketinggian ini cukup membuat kamu berada di atas awan jika cuaca sedang berkabut. dari sana pula kamu bisa melihat keindahan pedesaan yang ada di bawahnya.

Lokasi : Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

5. Wisata Hutan Mangli, Tempat Kemping Yang Menenteramkan Hati

Mangli Magelang [image source]
Kalau sudah niat traveling ke Gunung Andong, sebaiknya kamu lanjutkan dengan kegiatan kemping. Di wilayah tersebut terdapat sebuah bumi perkemahan di tengah hutan pinus super keren. Namanya adalah Hutan Wisata Mangli di kecamatan Ngablak. Lokasinya memang masih sedikit tersembunyi lantaran belum begitu terekspos di sosial media.

Mangli Magelang [image source]
Meski masih tersembunyi, namun bumi perkemahan ini telah dilengkapi dengan MCK yang terawat dengan baik, serta terjaga kebersihannya. Umumnya pada hari libur dan akhir pekan, akan ada sejumlah anak muda yang melakukan kemping bersama kelompok atau organisasinya. Tenda-tenda bisa dibangun di perbukitan terasiring yang dipenuhi dengan pohon pinus. Tentu saja bagi anak muda, tempat ini cukup kece untuk jadi latar belakang foto selfie.

Lokasi :  Grabag Ngablak, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah

6. Mengintip Matahari Terbit di Borobudur via Bukit Dagi

Bukit Dagi Magelang [image source]
Punthuk Setumbu atau Bukit Rhema mungkin terlalu jauh untuk melihat indahnya sunrise dengan latar belakang stupa Candi Borobudur? Maka dari itu, kamu perlu mulai mempertimbangkan kunjungan ke Bukit Dagi. Bukit ini terletak di barat laut Candi Borobudur dan telah dirintis sejak tahun 1994 silam.

Bukit Dagi Magelang [image source]
Belum banyak yang mengetahui keberadaan bukit berpemandangan cantik ini, terlihat dari minimnya kunjungan wisatawan ke sana. Memang belum ada kegiatan promosi yang masif untuk mengenalkan spot keren ini. Padahal dari bukit yang dipenuhi pepohonan pinus ini, traveler bisa bersantai sambil menikmati matahari yang mulai menampakkan sinarnya di pagi hari. Dari bukit ini pula Candi Borobudur terlihat lebih jelas.

Lokasi : Punkcak Bukit Dagi, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

7. Punthuk Mongkrong, Sunset dan Sunrise Sama-Sama Indahnya Dari Bukit Ini

Jika bukit-bukit lainnya hanya menawarkan satu fenomena alam saja. Kalau bukan sunrise ya sunset, maka kamu akan disuguhkan keduanya jika datang ke Punthuk Mongkrong. Lokasinya berada di Desa Giritengah, Borobudur, Magelang dengan jarak sekitar 5 km dari candi.

Punthuk Mongkrong, via instagram
Punthuk Mongkrong, via instagram

Punthuk Mongrok berada di ketinggian 624 mdpl dengan pemandangan sisi timur dan barat yang lepas. Dengan posisi seperti itu traveler bisa melihat baik matahari terbit maupun tenggelam dari bukit ini. Tak hanya itu saja, jejeran pegunungan yang mengelilingi Magelang pun bisa dilihat dengan jelas seperti Gunung Merapi, Merbabu, serta rangkaian Pegunungan Menoreh.

8. Hutan Pinus Kragilan, Hutan Pinus Cantik di Kaki Merbabu

Mau eksplorasi lebih jauh coba kamu datang ke kecamatan paling ujung di Magelang yang berada di lereng Gunung Merbabu. Di sana ada hutan pinus keren bernama Kragilan atau oleh warga setempat dinamakan dengan Top Selfie Pinusan Kragilan. Hutan pinus ini terletak di Kaponan, Pakis.

Hutan Pinus Kragilan, via instagram
Hutan Pinus Kragilan, via instagram

Tempat wisata ini masih baru dan lambat laun memang mulai dikenali para traveler, umumnya mereka anak-anak muda yang hobi mbolang. Kawasan wisata ini dikelola oleh warga sekitar, sehingga setiap pengunjung yang datang akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2 ribu per motor dan Rp. 5 ribu untuk mobil. Puas-puasin foto selfie di hutan pinus ini, namun ingat tetap jaga kebersihan dan jangan merusak lingkungan.

9. Cicipi Kegiatan Menantang Berupa Rafting di Sungai Progo

Siapa bilang pilihan wisata di Magelang hanya berupa candi dan perbukitan saja. Kalau kamu punya nyali dan suka dengan kegiatan air, silahkan coba untuk melakukan arung jeram di Sungai Progo. Trip ini akan menantang traveler menaklukkan aliran sungai sepanjang 15 km dari titik start.

Rafting di Sungai Progo, via instagram
Rafting di Sungai Progo, via instagram

Sungai Progo siap menjamu para traveler dengan jeram-jeram yang menantang dari tingkat kesulitan II hingga level maksimal IV. Sudah gatal ingin rafting di sana, catat alamat lengkap spot ini, yaitu di Perumahan Griya Tok Songo Kota Magelang, Jawa Tengah. Rasakan sensasi ketegangan yang memecah adrenalinmu!

10. Grenjengan Kembar, Air Terjun Kembar di Magelang

Daerah lain menamainya dengan Air Terjun Pengantin, Temanten dan sejenisnya. Namun Magelang yang juga memiliki air terjun kembar ini memilih untuk memberinya nama Grenjengan Kembar. Ini adalah satu dari sekian ari terjun yang ada di Magelang, tepatnya berada di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis.

Grenjengan Kembar, via instagram
Grenjengan Kembar, via instagram

Air terjun ini mendapatkan pasokan air dari lereng Gunung Merbabu. Lokasinya pun masih terbilang alami, sehingga udara yang ada di sana sangat sejuk ditambah dengan cipratan dari terjunan air. Traveler bisa sepuasnya bermain air dengan catatan tetap memperhatikan keselamatan dan kelestarian lingkungan.

Pasti masih banyak destinasi menarik lainnya di Magelang yang belum disebutkan Travelingyuk. Kalau kamu tahu dan sudah berkunjung ke lokasi, silahkan menambahkan destinasi rekomendasi lain yang bisa dikunjungi traveler lain di Magelang. Keep Traveling, jaga kebersihan dan jangan nyampah sembarangan!

Tags
Borobudur explore jawa tengah Explore Magelang Magelang Wisata Indonesia Wonderful Indonesia
Share