NuArt Sculpture Park, Melongok Kejeniusan Pencipta Monumen GWK

Bandung dikenal sebagai kota berisikan orang-orang kreatif dengan jiwa seni tinggi. Tak heran jika Paris van Java memiliki sederet museum maupun art space yang menampilan beragam karya seni tradisional serta modern. Nah, jika Teman Traveler termasuk pecinta seni, salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi adalah NuArt Sculpture Park.

Apa sih yang spesial dari art space milik pencipta monumen Garuda Wisnu Kencana ini? Daripada penasaran, yuk simak ulasan selengkapnya.

Berada di Bandung Barat

Loket tiket (c) Helga Christina/Travelingyuk

NuArt Sculpture Park terletak di dalam sebuah komplek perumahan di Jalan Setraduta Raya Blok L6, Ciwaruga, Bandung Barat. Tempat ini buka tiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Pengecualian untuk Jumat dan Sabtu karena mereka buka hingga pukul 21.00.

Teman Traveler wajib membayar tiket Rp50.000 per orang untuk bisa menikmati semua karya seni indah di sini. Asyiknya, tarif tersebut sudah termasuk voucher senilai Rp 25.000 yang bisa kalian gunakan di restoran di dalam NuArt Sculpture Park.

Buah Pemikiran Pencipta Monumen GWK

Miniatur monumen GWK (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sosok dibalik NuArt Sculpture Park tak lain adalah Nyoman Nuarta. Ia adalah seorang pemahat jempolan yang mulai terkenal usai memenangkan kompetisi membuat patung Presiden Soekarno pada 1979. Sang seniman sudah menelurkan beberapa karya kenamaan sepanjang karirnya. Salah satu yang paling kondang tentu saja adalah proyek maha mewah di Bali, Monumen Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Surga Pecinta Seni

Beberapa lukisan karya Nyoman Nuarta (c) Helga Christina/Travelingyuk

NuArt Sculpture Park memiliki total luas wilayah sekitar tiga hektar. Sebelum masuk, Teman Traveler diwajibkan menitipkan tas di loker. Pengunjung juga dilarang menyentuh maupun memotret karya dengan flash. Sorotan lampu kamera dikhawatirkan bisa merusak lukisan.

Begitu masuk area lantai dasar, Teman Traveler akan disambut deretan patung berukuran cukup besar. Salah satunya merupakan miniatur Garuda Wisnu Kencana, yang kini menyandang status sebagai salah satu monumen tertinggi dunia.

Salah satu karya seni yang bisa dinikmati (c) Helga Christina/Travelingyuk

NuArt Sculpture Park juga kerap menggelar kolaborasi pameran dengan seniman lain, sangat cocok dikunjungi bagi Teman Traveler yang punya minat lebih pada kesenian. Bagi penggemar seni pahat, bisa bergeser ke lantai atas untuk mengagumi aneka pahatan indah karya Nyoman Nuarta.

Di wisata Bali ini Teman Traveler juga bakal menemukan beberapa fasilitas menarik. Selain teater dan workshop, ada pula toko suvenir yang menyediakan beragam pernak-pernik dan miniatur karya Sang Seniman. Berjalan sedikit ke halaman belakang, kalian akan disambut sebuah taman luas dengan beberapa karya unik Nyoman Nuarta.

Aneka miniatur karya Nyoman Nuarta (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bagaimana Teman Traveler, cukup menarik bukan mengunjungi NuArt Sculpture Park? Bagi kalian yang menaruh minat lebih pada seni dan ingin mengisi liburan di Bandung dengan cara berbeda, tak ada salahnya datang ke sini.

Tags
Bandung kontributor Travelingyuk wisata bandung
Share