Nongsa Digital Park Batam, Replika ‘San Francisco’ di Indonesia

Nongsa adalah sebuah kecamatan di Kota Batam, Kepulauan Riau. Kawasan ini memiliki banyak keistimewaan, baik dalam hal wisata maupun potensi ekonomi. Itulah mengapa, pemerintah digandeng Singapura menjadikannya sebagai area digital yang akan mendatangkan banyak sekali manfaat terutama untuk kedua negara. Retno Marsudi selaku menteri luar negeri Indonesia dan Vivian Balakhrisnan dari Singapura bahkan telah meresmikan Nongsa Digitak Park (NDP)  pada Selasa (20/3/2018) kemarin.

Digadang-gadang Sebagai Pusat Ekonomi Besar

Peta strategis Nongsa
Peta strategis Nongsa via straitstimes.com

Amerika Serikat punya kota-kota penting dan besar sebagai pusat ekonomi. Di antaranya adalah Silicon Valley, San Francisco. Daerah ini adalah markas perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang digital seperti Adobe Systems, Apple Computer, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, hingga Yahoo! Nongsa Digital Park sendiri digadang-gadang akan menjadi San Francisco-nya Indonesia.

Kawasan Nongsa
Kawasan Nongsa dilihat dari ketinggian straitstimes.com

‘Jembatan Digital’ antara Singapura dan Indonesia

Peresmian Nongsa Digital Park
Peresmian Nongsa Digital Park via Vivian Balakrishnan

Selama ini, Jakarta menjadi tempat untuk perusahaan-perusahaan besar di dunia membuka kantor cabang. Termasuk yang berbasis di negara tetangga. Adanya Nongsa Digital Park ini diharapkan akan menjadi ‘jembatan’ yang menghubungkan Indonesia dan Singapura. Dilihat dari letaknya, Batam memang dekat dengan Singapura. Jika naik feri, bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Ini adalah salah satu faktor penting dalam kerjasama tersebut.

Peresmian Nongsa Digital Park
Peresmian Nongsa Digital Park via Instagram/@bekraf.go.id

Jalan untuk Mengembangkan Ekonomi Digital

Nongsa Digital Park menjadi kawasan ekonomi khusus
Nongsa Digital Park menjadi Kawasan Ekonomi Khusus straitstimes.com

Pihak Singapura melalui Vivian Balakrishnan menjelaskan bahwa Nongsa Digital Park adalah jalan untuk mengembangkan ekonomi digital di kedua negara. Berbagai macam industri akan mendapat dukungan. Salah satunya adalah perfilman dengan adanya Infinite Studio. Kamu bisa mengucapkan selamat datang pada masa depan cerah perfilman Indonesia.

Peresmian Nongsa Digital Park
Peresmian Nongsa Digital Park via @bekraf.go.id

Memanfaatkan Teknologi untuk Membangun Negeri

Pelaku usaha di Nongsa bisa memanfaatkan fasilitas resort tepi pantai untuk berisitirahat
Pelaku usaha di Nongsa bisa memanfaatkan fasilitas resort tepi pantai untuk berisitirahat via Instagram/@germsyytravels

Melalui Nongsa Digital Park pemerintah mengajak banyak pihak untuk berinvestiasi dan menggerakkan industri dengan sentuhan kreativitas dan teknologi. Di sini nantinya hampir seluruh sektor akan menggunakan perangkat digital. Ke depannya kerjasama antar kedua negara akan terus ditingkatkan agar memberikan manfaat yang lebih besar untuk masyarakat.

Palm Spring Beach di Batam
Palm Spring Beach di Nongsa via Instagram/@zackamega

Kerennya lagi, di Nongsa ada banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi. Sebagian adalah objek wisata andalan Batam. Mulai dari Pantai Sekilak hingga Pantai Melayu.

Tags
batam Indonesia Nongsa Dgital Park Riau
Share