Ngabuburit di Malang? Simak Yuk di Mana Aja yang Seru

Lama tak pulang kampung dan berencana mudik ke Malang? Atau justru bingung mencari tempat seru untuk menanti waktu berbuka di Kota Bunga? Tenang Teman Traveler, saya punya beberapa rekomendasi tempat ngabuburit di Malang yang bisa kalian coba.

Mulai dari bangunan bersejarah hingga kampung tematik fenomenal, semua bisa kalian kunjungi di Kota Bunga. Sudah penasaran? Yuk, kita simak bersama rekomendasi tempat ngabuburit di Malang berikut ini.

Kampoeng Heritage Kayutangan

Spot foto di Kampoeng Heritage Kayutangan (c) Rosita/Travelingyuk

Malang punya banyak kampung tematik menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Kampoeng Heritage Kajoetangan. Sudah pernah dengar Teman Traveler?

Akses menuju sini bisa melalui beberapa titik, mulai dari Jalan Semeru, Jalan Jenderal Basuki Rachmat, maupun Jalan Arif Rahman Hakim atau dulu dikenal dengan sebutan Gang Es Talun.

Salah satu sudut Kampoeng Heritage Kayutangan (c) Rosita/Travelingyuk

Habiskan waktu sembari nanti saat berbuka di sini dijamin seru. Teman Traveler bisa jalan-jalan menyusuri kampung sambil melihat deretan rumah kuno peninggalan zaman Belanda. Semuanya masih terawat dengan baik hingga kini.

Rumah tertua di kawasan Kampoeng Heritage Kajoetangan tercatat sudah berdiri sejak 19870 lho. Selain bangunan kuno, Teman Traveler juga bisa melihat sederet sudut yang sudah disulap menjadi spot foto Instagramable.

Kampung Warna-warni Jodipan (KWJ)

Deretan rumah warna-warni di Jodipan (c) Rosita/Travelingyuk

Kampung Warna-warni Jodipan (KWJ) bisa dibilang pelopor wisata kampung tematik di Malang. Berada di bantaran Sungai Brantas, KWJ tak pernah sepi dari wisatawan Nusantara maupun mancanegara. Keberadaannya sempat viral di media sosial dan semakin menarik minat banyak orang untuk berkunjung.

Sejak diresmikan pada 2016 silam, KWJ telah jadi salah satu andalan wisata Malang. Sejumlah artis dan public figure tercatat pernah berkunjung ke sini.

Lokasinya berdekatan dengan Stasiun Malang Kota, tepatnya di wilayah Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing. Teman Traveler yang datang ke Malang menumpang kereta api dari arah Blitar bisa melihat panorama kampung dari ketinggian, sesaat sebelum tiba di stasiun akhir.

KWJ sendiri dulunya identik dengan pemukiman padat penduduk dan kumuh. Namun kini tiap sudutnya dicat dengan warna-warna menarik. Kawasan ini bahkan telah dilengkapi jembatan kaca yang menghubungkan dengan Kampung Tridi.

Alun-alun Kota Malang

Wahana bermain anak di alun-alun (c) Rosita/Travelingyuk

Tampil dengan wajah baru sejak 2015, Alun-alun Malang kini tampak makin menarik di mata masyarakat. Tak hanya hari libur, saat hari efektif pun kawasan ini ramai dipadati pengunjung. Lokasinya berdekatan dengan pusat perbelanjaan, tempat makan, hingga Masjid, cocok dijadikan sebagai
salah satu tempat ngabuburit di Malang.

Alun-alun Malang juga pas bagi Teman Traveler yang mengajak buah hati. Terdapat sudut khusus dengan berbagai wahana menarik khusus anak. Area terbukanya juga sangat luas.

Sejumlah merpati sengaja dilepaskan di sini untuk mempercantik suasana. Memasuki Ramadan, suasana di sini akan sedikit lebih ramai. Deretan kursi cantik bakal penuh terisi orang-orang yang ngabuburit.

Tugu Malang

Tugu Malang (c) Rosita/Travelingyuk

Tugu Malang merupakan salah satu landmark Malang. Area melingkar di sekitarnya membuat kawasan ini juga kerap disebut Alun-alun Bunder. Keberadaannya sudah ada sejak masa kolonial Belanda, meski jauh lebih sederhana, tanpa tugu dan pagar.

Tugu kini jadi salah satu tempat wajib dikunjungi ketika jalan-jalan di Malang. Lokasinya sangat dekat dengan Stasiun Kota Baru. Jika ingin mampir, cobalah datang pagi hari, kalian akan disambut indahnya bunga teratai yang bermekaran di permukaan kolam sekitarnya. Begitu langit mulai gelap, air mancur warna-warni bakal suguhkan pemandangan mempesona.

Itulah sekilas ulasan mengenai beberapa tempat ngabuburit di Malang yang bisa Teman Traveler coba. Semoga bisa jadi inspirasi jika kalian tengah bingung mencari tempat untuk menanti waktu berbuka. Selamat jalan-jalan!

Tags
kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share