Serunya Ngabuburit di Bondowoso, Jangan Lupa Sambangi Gerbong Maut

Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Sama seperti daerah lain di Indonesia, suasana di wilayah yang berbatasan dengan Banyuwangi dan Jember ini mendadak lebih semarak selama Ramadan. Banyak aktivitas menarik bisa dilakukan untuk ngabuburit di Bondowoso.

Suasana kota di sore hari (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Teman Traveler bisa mengunjungi Pasar Ramadan Bondowoso, jalan-jalan di sekitar alun-alun, maupun mengunjungi beberapa monumen menarik. Yuk, kita simak bersama beberapa rekomendasi aktivitas menarik untuk ngabuburit di Bondowoso.

Bazaar Ramadan di Alun-alun

Warga sekitar sibuk mencari takjil (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Salah satu event tahunan Bondowoso adalah Bazar Ramadan. Digelar tiap sore, menjelang waktu berbuka, di alun-alun kota. Bazar ini akan terus ada selama bulan puasa.

Jajanan khas, (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa membeli beberapa makanan khas yang biasanya hanya ada saat Ramadan. Selain itu kalian juga bakal menemukan produk-produk unggul Bondowoso, seperti kripik bayam, kopi asli Bondowoso, kue kering handmade, jamu tradisional, dan masih banyak lagi.

Produk khas Bondowoso (c) Anggi Paramita/Travelingyuk
Penjual makanan tradisional, (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Nongkrong di Sekitar Gerbong Maut

Monumen Gerbong Maut (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Monumen Gerbang Maut berada di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Bondowoso. Membaca namanya mungkin Teman Traveler sedikit ngeri ya? Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Bondowoso melawan penjajah Belanda pada 1947.

Kala itu 100 pejuang ditangkap dan diangkut dalam tiga gerbong, masing-masing berisi 30, 32, dan 38 orang. Mereka rencananya akan dipindah dari Bondowoso menuju Penjara Kali Sosok. Namun lantaran gerbong yang digunakan sudah tak layak dan berada dalam kondisi tertutup, 46 pejuang meninggal dalam perjalanan.

Simbol perjuangan Rakyat Bondowoso (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Monumen Gerbong Maut berdiri di atas bangunan trapesium, dengan replika gerbong tanpa jendela berwarna hitam di atasnya. Terdapat 13 patung yang menggambarkan semangat Tentara Indonesia membela kemerdekaan Tanah Air.

Hingga kini Monumen Gerbong Maut jadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Bondowoso. Lokasinya sangat mudah diakses, tepat di depan alun-alun. Kawasan ini biasanya lebih ramai menjelang momen peringatan Hari Pahlawan pada 10 November.

Berburu Takjil dan Menu Buka di Alun-alun

Aneka pilihan menu buka (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Berburu takjil adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan warga Indonesia saat Ramadan. Tak terkecuali masyarakat Bondowoso. Mereka umumnya berbondong-bondong datang ke alun-alun untuk berburu menu buka atau sekedar ngabuburit.

Salah satu stand kuliner di alun-alun (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Jujur ya Teman Traveler, mencari takjil saat Ramadan adalah momen yang paling saya tunggu-tunggu. Pasalnya memasuki bulan puasa biasanya ada beberapa panganan khas yang sebelumnya sulit ditemukan. Pasti bukan saya saja kan yang berpikiran seperti ini?

Itulah sedikit pengalaman saya ngabuburit di Bondowoso. Bagaimana Teman Traveler, cukup seru kan? Boleh kalian coba jika sembari menjelajah wisata Bondowoso dalam waktu dekat. Selamat liburan!

Tags
Bondowoso Indonesia kontributor Travelingyuk Wisata Bondowoso
Share