Inspiratif! Nenek 60 Tahun Ini Solo Traveling Jelajahi 25 Negara

Advertisement

Siapa sih yang tak suka jalan-jalan? Saking sukanya, ada beberapa orang yang memutuskan meninggalkan rutinitasnya demi bisa menjelajahi belahan dunia lainnya. Salah satunya adalah Ayse Kurucu yang memiliki cerita unik hingga dirinya dikenal oleh banyak orang di dunia. Wah, seperti apa sih kisah dari traveler yang berhasil menjelajahi puluhan negara hanya dalam satu dekade ini?

Ayse Kurucu atau dikenal dengan Ayse Teyze, seorang traveler asal Turki yang kini telah berusia 60 tahun. Kisahnya inspiratifnya berawal dari pertemuannya dengan pasangan muda Tulin dan Emre saat berkunjung ke Bosphorus sekitar bulan Juli 2016 lalu. Yap, saat itu Ayse menumpang di mobil pasangan ini untuk melanjutkan perjalanannya.

Liburan keliling dunia
Ayse Teyze Liburan keliling dunia [image source]
Setelah turun dari mobil, Emre menyadari bahwa kamera yang dibawa oleh Ayse tertinggal di dalam mobilnya. Saat itu pula, Emre dan istrinya tahu bahwa selama ini Ayse telah menjelajahi banyak negara mulai dari Singapura hingga Italia.

Taj Mahal
Ayse Teyze di Taj Mahal [image source]
Dengan modal foto perjalanan Ayse di kamera, Emre mencari keberadaan wanita satu ini lewat akun facebook. Awalnya banyak yang tidak percaya jika seorang wanita yang telah berusia senja berani untuk ber-solo traveling. Namun, 5 bulan kemudian Ayse akhirnya ditemukan.

Menara Pisa
Ayse berpose di depan Menara Pisa [image source]
Wanita pemberani ini memutuskan traveling keliling dunia setelah bercerai dengan suaminya. Ternyata Ia berada di Izmir, Turki. Selain mengembalikan kamera, Emre dan Tulin pun banyak mendengar cerita perjalanan dari Ayse yang berhasil mengunjungi 25 negara dalam waktu 10 tahun.

Pertemuan Ayse Teyze dan Emre
Pertemuan Ayse dengan Teyze dan Emre [image source]
Beberapa negara seperti Mesir, Israel, Dubai, Singapura, Thailand, Tibel, Nepal, Hungari, Republik Ceko, Serbia, Italia, Pransis hingga Bulgaria pernah ia kunjungi. Semua perjalanannya tersebut berada dalam kamera kuno yang telah ditemukan oleh Emre dan istrinya.

Kehilangan kamera
Kehilangan kamera [image source]
Ayse sendiri tidak mempermasalahkan jika kameranya memang benar hilang. Bahkan, ia bisa membeli kamera baru yang lebih cantik dan sempurna. Namun, tidak dengan semua foto yang menjadi saksi bisu perjalanannya keliling dunia. 

Paris
Ayse Teyze di Paris [image souce]
Postingan mengenai perjalanan dari Ayse ini pun langsung viral di akhir tahun 2016 lalu. Banyak sekali yang ingin bertemu dengan nenek ini dan melakukan traveling bersama untuk keliling dunia. Bahkan tidak sedikit yang mengundang Ayse untuk berkunjung ke negaranya.

Ayse Traveling di Usia 60 Tahun
Ayse Traveling di Usia 60 Tahun [image source]
Selain viral di sosial media, ternyata nama Ayse juga dilirik oleh banyak televisi di negaranya. Bahkan, ia muncul dalam acara talkshow sebagai tamu spesial. Yap, berkat sebuah kamera yang tertinggal, Ayse sangat populer di negara.

Ayse terkenal hingga penjuru dunia
Ayse terkenal hingga penjuru dunia [image source]
Tak perlu membawa uang segepok atau perlu memiliki banyak teman untuk memulai perjalanan yang diinginkan. Solo traveling seperti Ayse juga menyenangkan, apalagi bertemu dengan orang-orang menyenangkan. Pun demikian, ada pembelajaran yang dapat diambil dari kisah wanita ini. Pastikan barang-barangmu selalu terbawa dan tidak tertinggal di suatu tempat. Pasalnya, tidak semua orang memiliki hati yang baik seperti Emre dan Tulin.

Advertisement
Tags
traveler
Share