Tak Hanya di Indonesia, Ini Destinasi dengan Terasering Sawah yang Memukau

Lansekap Indonesia memang memiliki daya tarik tersendiri. Tak hanya wisata alam, cara masyarakatnya bercocok tanam juga mengundang kekaguman. Terasering Sawah adalah salah satunya. Metode penanaman padi dengan model bertingkat ini sering menjadi daya tarik bagi turis. Seperti yang terdapat di Tegalalang, Ubud, Pulau Bali. Tapi ternyata tak hanya Indonesia yang menerapkan sistem sawah terasering. Beberapa negara tetangga ini juga memiliki pemandangan persawahan yang memukau.

1. China, Terasering di Longji

Terasering Longji diambikl dari jarak dekat via instagram/@frankaulichphotography

Lokasinya berada dari ketinggian 300 hingga 1.110 mdpl dengan kemiringan yang mencapai 50 derajat. Terasering sawah Longji ini berada di Distrik Heping. Berjarak sekitar 80 meter di utara Kota Guillin. Selain Longji, China juga memiliki terasering Longsheng yang juga sering menjadi daya tarik wisatawan.

Berada di ketinggian mencapai 1,100 mdpl via instagram/@lifeandrice

2. China, Desa Yuanyang

Situasi sawah du Yunan setelah panen via instagram/@tourasia.ch

Sudut kemiringannya tak terlalu curam, namun inilah yang membuat terasering di Yuanyang menjadi berbeda. Satu petak sawah memiliki areal yang cukup lebar. Setelah musim panen, petak-petak sawah yang hanya terisi dengan air terlihat seperti kaca dengan pola yang unik. Bahkan karena keindahannya, dari kejauhan tempat ini terlihat seperti lukisan.

Refleksi air yang menyerupai kaca membuat tempat ini terlihat seperti lukisan via instagram/@sofierys

3. Filipina, Terasering di Banaue

Panorama terasering sawah di Banuae Filipina via instagram/@xplore.takephotos

Sawah berundak yang berbentuk seperti tangga ini memiliki usia lebih dari 2000 tahun. Jika kurva persawahan ini di tarik lurus, panjangnya bisa mencapai  20.000 kilometer. Karena keindahan tersebut, terasering sawah Banuae ini menjadi primadona wisata di Filipina. Pemandangan menakjubkan ini berada di kaki Gunung Ifugao.

Terasering sawah yang usianya lebih dari 2000 tahun via instagram/@ekaterina_glynchak

4. Vietnam, Terasiring di Mu Chang Chai

Lahan berliku yang luasnya mencapai 500 hektare via instagram/@olifeiler

Bentuk sawah yang berliku-liku di kaki bukit ini memiliki lusa mencapa 500 hektare. Warna hijau dan kuning yang muncul dari padi ini berpadu dengan warna coklat tanah pematang dan membentuk pola lengkung yang mengagumkan saat dilihat dari kejauhan. Terasering ini berada di ketinggian yang mencapai 1000 meter di atas permukaan laut.

Lokasinya berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut via instagram/@twmbeautiful

Metode penanaman sawah dengan cara terasering memang memiliki daya tarik sendiri. Pola bertingkat dan lengkungan-lengkungan pematang sawah membuat tempat ini terlihat seperti lukisan. Begitupun juga hamparan padi yang hijau dan menguning. Tentu saja akan menjadi pemandagan yang menyegarkan mata bukan?

Tags
China mancanegara rice terrace Terasering Thailand Vietnam
Share