Ombak Surfing Ganas di Nazare Portugal, yang Menjadi Buruan Surfer Profesional

Sebagai negara kepuluan, Indonesia memiliki jumlah pantai yang tak terhitung jumlahnya. Pantas saja jika tanah air kita ini menjadi destinasi para peselancar dunia. Indonesia memiliki beberapa wilayah seperti Kepulauan Mentawai, Banyuwangi, dan Bali. Tiga tempat tersebut juga sering kali digunakan sebagai lokasi kompetisi kelas dunia. Namun ombak di Indonesia sendiri tidak terlalu tinggi jika dibandingkan salah satu ombak yang ada di Portugal. Nazare Portugal, memiliki satu surf spot dengan ombak monster.

Ketinggiannya Mencapai 30 Meter

Ketinggiannya Mencapai 30 Meter via instagram/rafariancho

Ombak yang ada di Nazare Portugal ini merupakan ombak yang biasa dijuluki dengan nama The Monster Waves. Wajar saja, pantai tersebut memang memiliki ombak yang brutal. Karena itu, tak semua peselancar diperbolehkan untuk mencoba ombak ini. Hanya surfer profesional yang diberi izin untuk menunggangi ombak ini. Ombak terendahnya dapat mencapai ketinggian 12-15 meter. Sedangkan gulungan tertingginya dapat mencapai 30 meter.

Dilarang Datang saat Musim Badai

Menutup kunjungan turis saat musim badai via instagram/perfect_waves_brasil

Di saat tidak ada badai, pantai ini telah memiliki gulungan ombak yang sangat mengerikan. Tingginya bahkan hampir menyamai area mercusuar yang berada di atas tebing. Karenanya pihak pengawas pantai melarang turis untuk datang saat musim badai menerjang. Hal tersebut ditegaskan setelah terjadi tragedi pada tahun 2012. Dua orang turis tewas setelah tersapu ombak di sana.

Mulai Terkenal di Tahun 2011

Mulai Terkenal di Tahun 2011 via instagram/franciscoporcella

Nama Pantai Nazare Portugal ini mulai dikenal secara internasional pada tahun 2011. Hal tersebut dikarenakan oleh seorang surfer asal Hawaii, Garret McNamara yang berusaha menaklukan ombak setinggi 24 meter di tempat ini.

Ombak Ganas Nazare
Ombak Ganas Nazare (c) Travelingyuk/Deby Ibrahim

Dua tahun kemudian, tahun 2013, McNamara kembali datang dan behasil menaklukannya. Semenjak saat itulah ombak Pantai Nazare menjadi spot surfing yang legendaris di kalangan peselancar.

Terdapat Palung Laut yang Dalam

Dikarenakan adanya palung laut yang dalam via instagram/artisthiltonalves

Fenomena ombak monster ini tak lepas dari letak geografisnya. Di lepas Pantai Nazare, terdapat sebuah jurang bawah laut atau palung yang sangat dalam. Tempat tersebut membentang sepanjang 125 mil dari Samudra Atlantik hingga setengah mil dari garis pantai. Kedalaman palung ini sendiri mencapai 5.000 meter di bawah permukaan laut. Palung inilah yang membuat terbentuknya ombak monster yang ketinggiannya dapat mencapai 30 meter tersebut.

Meskipun terdapat beberapa titik surfing yang ekstrim di Indonesia, ombak Indonesia tergolong memiliki tingkat kesulitan yang jauh jika dibandingkan dengan yang ada di Nazare. Teman Traveler termasuk salah satu penggemar surfing?

Tags
mancanegara Nazare Portugal Surfing Wisata
Share