Sate Pak Kempleng Bu Hartini, Kuliner Legendaris nan Istimewa di Ungaran Semarang

Advertisement

Semarang tidak hanya istimewa dengan berbagai wisata sejarahnya seperti Lawang Sewu dan Kota Lama. Cobalah melipir ke daerah Ungaran yang memiliki banyak destinasi menakjubkan dan memanjakan mata. Belum lagi kuliner di Semarang enak yang bakal menggoyang lidah. Salah satunya adalah Sate Pak Kempleng yang legendaris dan tersohor di Kota Lumpia ini.

Legendaris dari Tahun 60-an

Menu sate khas Semarang
Menu sate khas Semarang via instagram/@eddy.9un

Sate Pak Kempleng bukanlah nama yang asing bagi warga Semarang. Kuliner ini sudah dikenal sejak era tahun 1960-an. Pemilik awalnya berjualan keliling alun-alun dengan menggunakan gerobak pikul. Kini, bisnis sate ini telah diteruskan oleh anak cucunya. Salah satunya Bu Hartini, cucu Pak Kempleng yang menyajikan menu khas keluarga di Jalan Diponegoro No 274, Ungaran.

Aneka Sate yang Bikin Ngiler

Bakaran sate pak kempleng
Bakaran sate pak kempleng via instagram/@rinidentist

Tertata rapi dalam wadahnya, Teman Traveler bakalan ngiler ketika melihat tumpukan tusuk sate sapi di kedai ini. Sebelum dipanggang, terlihat bumbu rempah sudah menempel di sela-sela daging. Jenisnya tidak hanya sate daging sapi, tapi ada lemak, paru, babat, ginjal hingga iso. Nah, jika Teman Traveler ingin mencoba semuanya, bisa pesan langsung satu porsi isi campur. Seporsinya isi 10 tusuk dengan harga sekitar Rp55.000.

Aroma Bumbu yang Menggiurkan

Menu di Sate Pak Kempleng
Menu di Sate Pak Kempleng via instagram/@mom_berti

Tak hanya karena legendarisnya, kedai makan ini spesial karena tekstur daging yang empuk banget. Potongannya besar, tapi kematangannya merata. Selain tekstur dagingnya, sate Pak Kempleng ini unik karena bumbunya. Bumbu rempah ketumbar, merica dan gula aren yang membalut tusukan sate di sini. Aroma gula inilah yang membuat rasanya makin istimewa. Jika mau lebih spesial, coba dicocol dengan saus kacang yang juga dicampur dengan gula aren. Enak banget loh!

Kedai Tersohor yang Tak Pernah Sepi Pembeli

Tusukan sate yang menggiurkan
Tusukan sate yang menggiurkan via instagram/@dikapermadi

Buka dari jam 9 pagi hingga pukul 9 malam, tempat makan di Ungaran ini tidak hanya banjir pembeli dari penduduk lokal. Namun, wisatawan dari luar kota juga banyak yang mampir ke sini. Beberapa tokoh masyarakat, mulai walikota hingga gubernur pernah makan Sate Pak Kempleng. Selain ketagihan dengan menu satenya, tempat ini juga menawarkan aneka menu lain yang tak kalah menggiurkan. Ada sate ayam, gulai sapi, gulai kambing, tongseng sapi, tongseng kambing, dan sup iga, hingga gongso.

Itulah ulasan tentang Sate Pak Klempeng Bu Hartini yang tersohor di Ungaran. Nah, saat mampir ke sini, sekalian juga coba Gablok Pecel Wonolobo yang terancam punah. Bagaimana, pasti langsung ingin mencicipi kuliner ini kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Kuliner Ungaran semarang Ungaran
Share