Nasi Uwet Zarkasi, Kuliner Pekalongan Legendaris

Liburan ke Kota Batik kurang lengkap jika belum berburu kuliner. Selain Megono, kali ini ada Nasi Uwet Zarkasi yang legendaris dan pastinya murah abis. Penasaran dengan cita rasa dari kuliner lezat tersebut? Yuk, simak uraian selengkapnya berikut ini!

Kuliner yang Mirip Gulai Kambing

Nasi Uwet, olahan daging kambing yang nikmat
Nasi Uwet, olahan daging kambing yang nikmat [image source]
Sama-sama berbahan dasar daging kambing, tapi rempah yang digunakan untuk memasak nasi uwet lebih sederhana dibandingkan gulai. Tidak menggunakan santan, kunyit dan serai, makanan yang biasa disajikan saat hajatan ini hanya diberi tambahan kecap setelah direbus hingga empuk. Karena rempah tersebut pula, rasanya segar dan nikmat, apalagi saat disajikan dengan nasi megono.

Warung makan legendaris di Pekalongan
Warung makan legendaris di Pekalongan [image source]

Warung Legendaris yang Hampir Berusia 60 Tahun

Kedai Nasi Uwet Zarkasi
Kedai Nasi Uwet Zarkasi [image source]
Jangan harap dapat menemukan kuliner satu ini di mana saja. Pasalnya, nasi uwet hanya satu dan dijual di warung H. Zarkasi. Lokasinya berada di Jl. Sulawesi no 25, Kelurahan Bendan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat dan sudah berdiri sejak tahun 1959. Meski cukup terkenal bahkan di kalangan orang penting, ternyata warung ini tidak berniat membuka cabang. Jadi, kamu perlu antre panjang untuk mendapatkan satu porsinya.

Nasi Uwet Pekalongan yang lezat
Nasi Uwet Pekalongan yang lezat [image source]

Murah Meriah dengan Rasa Juara

Sate kambing di Warung H. Zarkasi
Sate kambing di Warung H. Zarkasi [image source]
Dikelola oleh 3 anak H. Zarkasi, warung makan ini tidak membandrol harga mahal. Untuk satu porsi nasi uwet yang berisi nasi putih dan daging kambing hanya Rp17.000. Pengunjung pun bisa memesan jeroan yang sudah terikat dengan usus kambing. Adapula sate kambing, rendang, sambal goreng, rawon, urat sapi, kikil sapi dan lidah sapi untuk kamu yang berniat mencoba menu lain. Soal rasa, tentu saja juara banget!

Seporsi jeroan dan babat di Warung H. Zarkasi
Seporsi jeroan dan babat di Warung H. Zarkasi [image source]

Wisata di Sekitar Warung H. Zarkasi

Bangunan Museum Batik Pekalongan
Bangunan Museum Batik Pekalongan [image source]
Sekitar 3 km dari Warung Nasi Uwet H, Zarkasi, kamu bisa berkunjung ke Museum Batik Pekalongan. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini menawarkan koleksi batik cantik dan pastinya bikin kamu kepincut. Bukan hanya motif lama, koleksi baru dan kekinian juga dipajang di sini. Bagaimana, rugi banget kalau belum ke museum ini bukan? Apalagi tiket masuknya juga sangat terjangkau.

Koleksi batik di Museum Batik Pekalongan
Koleksi batik di Museum Batik Pekalongan [image source]
Sudah tak sabat menikmati kelezatan dari Nasi Uwet di Warung H. Zarkasi? Buruan datang ke Kota Pekalongan. Jangan hanya makan di tempat, bungkus juga untuk orang di rumah.

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Pekalongan
Share