Lima Nasi Uduk di Jakarta, Tak Hanya Enak tapi Juga Murah

Siapa yang tak kenal dengan nasi uduk? Hidangan ini terbuat dari nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan. Di dalamnya juga ada bumbu pala, jahe, serai, dan banyak lainnya. Disajikan bersama lauk pendamping seperti ayam goreng, kuliner ini sangat mudah ditemukan di ibu kota. Bahkan, banyak warung makan yang terkenal berkat nasi uduknya. Seperti di bawah ini!

1. Nasi Uduk & Ayam Goreng Zainal Fanani

Nasi Uduk & Ayam Goreng Zainal Fanani yang legendaris
Nasi Uduk & Ayam Goreng Zainal Fanani yang legendaris via instagram/@adreareyhan

Biasa mampir ke daerah Tanah Abang? Pasti tak asing lagi dengan kawasan Kebon Kacang. Di sini banyak warung nasi uduk Jakarta yang terkenal lezat. Salah satu yang terkenal dan legendaris adalah Nasi Uduk Zainal Fanani yang berdiri sejak tahun 1967. Seporsi nasi di sini berupa nasi berbungkus daun pisang, sambal, serta lauk pendamping seperti ayam, paru, empal, usus, tahu tempe hingga udang. Soal rasa tak diragukan lagi, terutama cita rasa dari sambalnya.

Nasi Uduk & Ayam Goreng Zainal Fanani
Nasi Uduk & Ayam Goreng Zainal Fanani via instagram/@rayna.arsjad

2. Nasi Uduk Gondangdia

RM Nasi Uduk Gondangdia, Jakarta
RM Nasi Uduk Gondangdia, Jakarta via instagram/@andi_subu

Terkenal sejak tahun 1993, Nasi Uduk Gondangdia menawarkan kuliner enak yang gurihnya bikin ketagihan. Berbeda dari lainnya, nasi uduk di sini memiliki bentuk unik menyerupai kerucut. Teksturnya pas, tidak lembek maupun keras. Lauk pendampingnya juga banyak, mulai dari ayam goreng, udang, empal, cumi, bebek hingga sate usus. Nah, kamu yang berencana mencobanya, datang saja ke Jl. Cikini IV No.12, Menteng. Bukanya dari jam 10 pagi, lho.

RM. Nasi Uduk Gondangdia
RM. Nasi Uduk Gondangdia via instagram/@mytastemylife

3. Nasi Uduk Bu Sum

Nasi Uduk Bu Sum dengan cumi
Nasi Uduk Bu Sum dengan cumi via instagram/@wilsonsw

Bingung cari makan malam enak di kawasan Mangga Dua? Coba mampir ke Jalan Mangga Dua Raya No. 51A. Ada warung nasi uduk yang buka dari 10 malam hingga 3 pagi. Namanya Nasi Uduk Ibu Sum, lengkap dengan puluhan lauk pauk yang menggoda. Ada kikil, jengkol, tempe, ikan teri, sate puyuh, hingga sate ampela. Jangan lupa pula untuk memesan petai baladonya yang terkenal enak.

Nasi Uduk Bu Sum
Nasi Uduk Bu Sum via instagram/@rudydennismeyer

4. Nasi Uduk Kota Intan

Nasi Uduk Kota Intan, Jakarta
Nasi Uduk Kota Intan, Jakarta via instagram/@gagaldiett

Selain di Mangga Dua, nasi uduk yang buka malam hari juga ada di Jalan Samanhudi, Pasar Baru. Namanya Nasi Uduk Kota Intan yang berjualan di warung tenda. Tempat makannya boleh sederhana, namun makanan yang dihidangkan istimewa. Rasa gurih dari nasinya pun bikin ketagihan. Belum lagi taburan bawang goreng. Untuk kamu yang suka dengan kuliner pedas, bisa mencoba dua sambal enak khas warung ini, yaitu kacang dan terasi.

Nasi Uduk Kota Intan
Nasi Uduk Kota Intan via instagram/@pantibass

5.  Nasi Uduk Pandan Hijau 126

Nasi Uduk Pandan Hijau 126, Jakarta
Nasi Uduk Pandan Hijau 126, Jakarta via instagram/@kathrinaailin

Jika Nasi Uduk Gondangdia unik karena bentuknya, lain halnya dengan sajian makanan di Jalan KH. Moh Masyur No.126 ini. Kuliner lezat di Nasi Uduk Pandan Hijau 126 memiliki nasi berwarna hijau. Seporsinya disajikan dengan aneka lauk seperti ayam bakar, ayam goreng, ayam bumbu rujak, cumi goreng, hingga sayur segar. Soal rasanya, tak diragukan lagi. Aroma nasinya pun juga menggiurkan.

Nasi Uduk Pandan Hijau 126
Nasi Uduk Pandan Hijau 126 via instagram/@jktbolangboling

Nah, itulah lima nasi uduk di Jakarta yang enak. Melihat gambarnya saja tentu sudah menggoda selera. Bagaimana, kamu sudah coba yang mana nih?

Tags
Indonesia Jakarta kuliner
Share