Nasi Pathik Mbak Ut Tulungagung, Nikmatnya Konsisten Hampir Dua Dekade

Nasi Pathik, satu lagi kuliner Tulungagung yang sanggup tinggalkan kesan mendalam. Apalagi jika dinikmati di warung pinggiran. Salah satu tempat yang bisa Teman Traveler tuju untuk mencicipi sajian ini adalah Warung Nasi Pathik Mbak Ut. Lokasinya ada di depan Pasar Ngemplak, Desa Batangsaren, Kauman.

Nasi Pathik Mbak Ut (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Meski tempatnya sederhana, hanya menempati emperan ruko, rasa sajian yang dihidangkan benar-benar istimewa. Paduan lodeh, peyek udang, dan nasi hangatnya sungguh istimewa. Terutama ketika disantap selagi hangat.

Murah dan Nikmat

Nasi Pathik dengan lauk telur (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Warung Mbak Ut buka mulai sore, dari pukul 17.30 hingga pukul 02.00 dini hari. Meski tempatnya jauh dari kata mewah, usaha kuliner malam milik Utami ini tercatat sudah 19 tahun menemani para petualang rasa Tulungagung.

Jika Teman Traveler merasa kurang hanya menikmati Nasi Pathik dengan lauk peyek udang, tenang. Warung Mbak Ut menyajikan beragam lauk yang bisa kalian pilih untuk meramaikan santap malam di sini, mulai dari telur hingga ayam lodho.

Sepiring nasi pathik di sini dibanderol seharga Rp7.000, namun Teman Traveler harus merogoh kocek ekstra jika ingin menambah lauk. Cukup terjangkau, bukan?

Sensasi Lezat Menari di Lidah

Kenikmatan Nasi Pathik Mbak Ut begitu terkenal di Tulungagung (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Pakem standar Nasi Pathik biasanya terdiri dari lodeh tewel alias nangka muda, urap-urap, perkedel ketela, tarek (tahu dan mie yang dimasak dengan kuah mirip lodho), dan yang paling inti, yakni peyek udang.

Pertama mencicip, sensasi segar urap-urap akan langsung berpadu gurihnya kuah lodeh. Sementara itu, kerenyahan rempeyek terasa serasi dengan perkedel yang masih baru digoreng. Cita rasanya benar-benar kaya. Belum lagi dengan kehadiran tarek yang tak kalah sedap, menambah semarak rasa yang menari di lidah.

Dekat Alun-alun

Aneka macam lauk tersedia di warung Mbak Ut (Andi Istanto)

Menemukan Warung Nasi Pathik Mbak Ut bukan perkara sulit. Lokasinya ada tepat di depan emperen Pasar Ngemplak. Dari kawasan alun-alun, jaraknya hanya sekitar satu kilometer. Sangat mudah dijangkau, dijamin takkan kesasar.

Suasana di sekitar warung (c) Andy Istanto/Travelingyuk

Itulah pengalaman saya mencicipi lezatnya Nasi Pathik Mbak Ut, rasa khas yang sudah hampir dua dasawarsa menemani para pecinta kuliner malam. Sungguh memuaskan, bikin lidah menari-nari keenakan. Teman Traveler jangan lupa mampir saat eksplor wisata Tulungagung ya.

Tags
kontributor Kuliner Tulungagung Travelingyuk Tulungagung
Share