Kulineran Nasi Osik di Surabaya, Rasanya Super Juara

Pernah dengar nasi osik? Kuliner ini merupakan makanan khas Surabaya yang dilestarikan oleh warga kampung Ketandan. Seporsinya terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan lauk kikil sapi, irisan tahu, dan kuah campuran santan. Nah, penasaran dengan menu ini kan? Yuk, coba mampir di beberapa warung ini.

1. Rawon Setan Embong Malang

Nasi Osik Rawon Setan Embong Malang
Nasi Osik Rawon Setan Embong Malang via instagram/@hobimakanenak

Siapa yang tak kenal dengan Rawon Setan yang ada di Jalan Embong Malang. Tempat makan ini terkenal enak dengan kelezatan rawonnya. Tidak hanya kuliner berkuah hitam, kamu juga bisa menikmati nasi osik di warung legendaris ini. Seporsinya memang tidak dipincuk, tapi kenikmatannya tak perlu ditanyakan lagi. Biasanya, menu ini juga disajikan bersama dengan lauk lain. Ada telur hingga paru. Sudah ngiler kan?

Nasi Osik Rawon Setan
Nasi Osik Rawon Setan via instagram/@hobimakanenak

2. Warung Java

Nasi Osik di Warung Java
Nasi Osik di Warung Java via instagram/@hobimakanenak

Tempat berikutnya yang menawarkan nasi osik adalah Warung Java. Sederhana, karena hanya warung kaki lima yang juga menjual rawon, ayam betutu, sup buntut dan nasi campur. Untuk menu nasi osiknya, seporsi makanan ini memiliki banyak lauk. Ada jeroan, lidah sapi, paru, dan juga sumsum. Nah, kamu yang penasaran, bisa langsung berkunjung ke Jalan Raya Wonocolo.

Nasi Osik Warung Java
Nasi Osik Warung Java via instagram/@whatvinaeat

3. Nasi Osik Bu Alfiah

Nasi Osik Bu Alfiah Surabaya
Nasi Osik Bu Alfiah Surabaya via instagram/@e_ndro

Berikutnya adalah Nasi Osik Bu Alfiah. Bukan di Sidoarjo, tempat makan ini berada di Jalan Ir Anwari, Taman Sidoarjo. Hidangan nasi osik di sini memiliki citarasa pedas gurih yang bikin nagih. Olahan daging sapi yang khas ini bisa kamu temukan dari jam 5 hingga 10 malam. Tak hanya nasi osik, kamu bisa menambah paru goreng. Hingga artikel ini ditulis, harganya cukup terjangkau, sekitar Rp20.000. Sudah termasuk lauk pendamping, loh.

Nasi Osik Bu Alfiah
Nasi Osik Bu Alfiah via instagram/@e_ndro

4. Nasi Osik Pak Nur

Nasi Osik Pak Nur Surabaya
Nasi Osik Pak Nur Surabaya via instagram/@horizonhoman

Warung terakhir yang menawarkan nasi osik ada di Jalan Peneleh 110. Namanya Warung Pak Nur yang cita rasanya tak perlu diragukan lagi. Seporsi menu ini tidak hanya berisi nasi putih dengan kuah santan yang menggugah selera. Tak hanya itu, tambahan telur dan aneka lauk lainnya juga lezat. Harganya juga terjangkau. Bisa dimakan di tempat atau dibawa pulang.

Nasi Osik Pak Nur
Nasi Osik Pak Nur via instagram/@cao0o

Nah, itulah empat tempat warung nasi osik di Surabaya yang rasanya nendang di lidah. Penasaran dengan rasanya? Yuk, jelajah kuliner di Kota Pahlawan.

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner surabaya Surabaya
Share