Jajanan Enak di Pasar Gede Solo

Surakarta atau Solo merupakan kota yang paling difavoritkan wisatawan saat berkunjung ke Jawa Tengah. Selain bangunan bersejarah yang masih terjaga, kuliner di sini juga tak bisa dilewatkan begitu saja. Salah satu tempat yang menjadi surga makanan legendaris di Solo ini adalah Pasar Gede. Penasaran dengan jajanan enak di pasar ini kan? Berikut rangkumannya!

1. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Dawet Selasih
Dawet Selasih [image source]
Jajanan pertama yang wajib dicoba saat ke Solo, khususnya Pasar Gede adalah Es Dawet Bu Dermi. Minuman tradisional yang sudah turun temurun hingga 3 generasi ini berisikan ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, cairan gula, santan serta tambahan es batu. Sekali sendok, kesegaran dari dawet legendaris satu ini sangat berasa. Manisnya juga pas dan membuat pecinta kuliner ketagihan.

Dawet Selasih Bu Dermi
Dawet Selasih Bu Dermi [image source]

2. Tahok Pak Citro

Tahok Pak Citro
Tahok Pak Citro [image source]
Berada di depan pasar, jajanan satu ini selalu ramai oleh pembeli. Sejak jam 6 pagi, beberapa orang sudah berjejeran di pinggir jalan dan menikmati semangkuk tahok atau wedang tahu tersebut. Ramainya gerobak Pak Citro tak lain karena rasa dari tahok yang pas di lidah. Perpaduan tahu dari susu kedelai dengan kuah jahenya diakui banyak orang tak berubah sejak pertama berjualan.

Tahok Pak Citro Pasar Gede
Tahok Pak Citro Pasar Gede [image source]

3. Grontol Pasar Gede

Grontol
Grontol [image source]
Pernah dengar jajanan bernama Grontol? Makanan yang berasal dari jagung dan dihidangkan dengan parutan kelapa tersebut dapat kamu temukan di Pasar Gede. Pedagang yang masih setia menjual jajanan legendaris ini adalah Yu Sum. Untuk satu porsinya hanya Rp5.000 dan cocok sebagai pengganti nasi. Kamu yang tengah diet, wajib coba Grontolnya Yu Sum.

Ilustrasi Grontol
Ilustrasi Grontol [image source]

4. Lenjongan

Lenjongan
Lenjongan [image source]
Selain Grontol, ternyata jajanan lain yang difavoritkan wisatawan saat berkunjung ke Pasar Gede adalah Lenjongan. Pedagang kuliner tradisional yang sudah ada di zaman penjajahan Belanda ini cukup banyak, termasuk Yu Sum. Menariknya lagi, ternyata olahan jajanan dari Yu Sum ini sering dipesan oleh Pak Jokowi saat presiden ini masih tinggal di Solo.

Lenjongan Pasar Gede
Lenjongan Pasar Gede [image source]

5. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak
Cabuk Rambak [image source]
Liburan ke Solo, kurang lengkap jika belum mencoba Cabuk Rambak. Kuliner tradisional ini terdiri dari ketupat nasi yang diiris tipis, kerupuk karak serta siraman saus wijen yang dicampur dengan kemiri dan kelapa parut. Biasanya menu makanan satu ini disajikaan di atas pincukan daun pisang. Pun sederhana, rasanya nikmat banget. Apalagi Cabuk Rambak di Pasar Gede Solo. Selain enak, harganya juga murah banget.

Cabuk Rambak Solo
Cabuk Rambak Solo [image source]
Makanan tradisional memang menggoda. Apalagi sudah langka terjual. Bagaimana, makin penasaran dengan jajanan tradisional di Solo yang nikmati tersebut? Kapan nih liburan ke Solo?

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Pasar Gede Solo Surakarta
Share