Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Kuliner Legendaris Solo yang Masih Difavoritkan

Liburan ke Solo, tak lengkap jika belum menyantap nasi liwet. Kuliner khas Solo ini terdiri dari nasi gurih yang disajikan bersama sayur labur siam, suwiran ayam, dan areh. Salah satu tempat yang menyajikan menu lezat ini adalah Nasi Liwet Bu Wongso. Warung makan yang tak pernah sepi pengunjung. Apa keunikan dibandingkan warung lainnya? Yuk, simak ulasannya berikut!

Terkenal Sejak Tahun 1950

Pincukan nasi liwet Bu Wongso
Pincukan nasi liwet Bu Wongso via instagram/@masgembuldotcom

Warung makan yang berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon ini tak pernah sepi pengunjung karena namanya yang sudah fenomenal. Selain cita rasa istimewa yang ditawarkan, ternyata tempat makan ini sudah buka sejak lama. Tepatnya tahun 1950, lima tahun setelah Indonesia merdeka. Hingga saat ini, pemilik warung ini masih keturunan dari generasi pertama. Tentu saja, cita rasa menu yang ditawarkan sebelas dua belas dengan aslinya.

Kuliner legendaris di Solo
Kuliner legendaris di Solo via instagram/@auliasofyana

Sajian Spesial dengan Rasa Istimewa

Seporsi nasi pincuk nasi liwet
Seporsi nasi pincuk nasi liwet via instagram/@yuli_arifiati

Kelezatan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini tak perlu diragukan lagi. Seporsinya terdiri dari nasi gurih yang dipincuk dengan daun pisang, serta aneka lauk dari suwiran ayam, sayur labu siam, telur, hingga areh atau bubur santan. Ada juga ingkung, dada, paha, sayap, ceker hingga ampela ati yang jadi pelengkap lauk. Untuk rasanya, nendang banget. Ada paduan pedas, gurih dan manis yang menggugah selera.

Kulineran nasi liwet di Solo
Kulineran nasi liwet di Solo via instagram/@gitoeste

Kuliner Malam yang Melegenda

Nasi liwet dengan telur dan ati ampela
Nasi liwet dengan telur dan ati ampela via instagram/@bless_viv20

Nasi liwet merupakan kudapan yang pas disantap kapanpun. Mau sarapan, makan siang, atau pun makan malam semuanya bisa. Nah, untuk nasi liwet di Bu Wongso Lemu ini hanya ada di malam hari, buka jam 6 sore dan tutup jam 12 malam. Ingat, sebelum menyantap makanan ini, cek terlebih dahulu harganya. Pasalnya, harga nasi liwet yang disajikan di sini berbeda dengan lainnya. Hingga artikel ini ditulis, seporsinya dibanderol mulai dari Rp19.000.

Kuliner istimewa di Solo
Kuliner istimewa di Solo via instagram/@marisatju

Unik dengan Penjual Berbaju Kebaya

Penjual nasi liwet di Solo
Penjual nasi liwet di Solo via instagram/@annisamaullya

Tidak hanya soal menunya yang Indonesia banget, penjual nasi liwet ini juga menarik perhatian karena kostum yang digunakannya. Yap, hampir semua menggunakan baju tradisional kebaya. Tentu saja, kamu bakal serasa kembali ke masa lalu. Tak hanya itu, kamu juga bakal dihibur pengamen tradisional yang terdiri dari ibu-ibu bermake-up tebal, bersanggul, dan memakai kebaya.

Pengamen ibu-ibu bersanggul
Pengamen ibu-ibu bersanggul via instagram/@panji_nugroho26

Nah, itulah ulasan tentang Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang hingga saat ini masih difavoritkan Bagaimana dengan kamu? Sudah pernah coba belum?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kuliner Legendaris Solo kuliner Solo Solo Surakarta
Share