Nasi Langgi, Kuliner Khas Keraton yang Rasanya Bikin Pengen Nambah Lagi

Berburu kuliner khas suatu daerah merupakan salah satu kegiatan yang tak boleh terlewatkan dalam setiap perjalanan. Begitu banyak makanan di negeri ini yang menggoda lidah. Uniknya, cita rasa yang dihasilkan beragam. Contohnya adalah Jogja dengan gudeg yang rasanya manis. Selain itu, ada juga nasi langgi yang tak kalah menggoyang lidah. Penasaran bukan dengan menu ini? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Hidangan Istimewa Sejak Zaman Penjajahan

Nasinya gurih dan komplit
Nasinya gurih dan komplit (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Sebenarnya, nasi langgi ini bukanlah menu baru. Hidangan tersebut merupakan nasi tradisional yang sudah ada sejak zaman penjajahan. Hanya saja, makanan lezat ini kalah pamor dengan kudapan lainnya seperti nasi ayam dan nasi liwet. Konon, nasi ini adalah hasil dari modifikasi dari kuliner keraton. Biasanya makanan ini dihidangkan sebagai hidangan jika ada tamu yang datang.

Isian Nasi yang Bikin Ngiler

Nasi Langgi
Kudapan khas Keraton (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Bila dilihat lebih dekat, nasi langgi mirip dengan nasi liwet. Bahan utamanya menggunakan nasi gurih, di Jakarta dikenal dengan nama nasi uduk. Namun, lauk yang disandingkan jauh berbeda. Nasi liwet menggunakan sayur dan suwiran ayam saja. Sedangkan langgi menggunakan lauk super komplit yaitu ayam, tempe kering, serundeng, timun, acar, sambal goreng tahu, kemangi, dan kerupuk. Lengkap bukan?

Rasa Istimewa dari Menu Khas Keraton

Nasi Langgi khas Keraton yang nikmat
Nasi khas Keraton yang nikmat (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Selain mirip liwet, sekilas langgi juga serupa dengan nasi rames. Tentunya beda karena dalam penyajiannya. Nah, untuk citarasa di dominasi dengan rasa manis. Hal ini dipengaruhi oleh ciri khas makanan dari Jogja yang memang memiliki ciri khas manis. Nah, coba seporsi menu ini bakal jadi pengalaman baru nih.

Tempat Makan di Jogja

Ilustrasi Nasi Langgi
Ilustrasi Nasi Langgi via instagram/@jogjakakilima

Nah, untuk tempat makan yang menyediakan menu ini terletak di Jalan Magelang KM. 4. Namanya Nasi Langgi Pak Man yang buka dari jam 6 hingga jam 11 malam saja. Warung makan ini cukup ramai pengunjung. Bahkan, pembeli antre panjang demi mendapatkan seporsi menu di sini. Sementara harga yang ditawarkan cukup murah. Satu porsi nasi langgi dihargai Rp15.000 lauk ayam. Jika tanpa ayam harganya pun juga lebih murah.

Nasi Langgi, kuliner Nusantara yang memiliki cita rasa dan lauk super komplit. Makan satu piring sudah cukup memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Penasaran dengan rasanya bukan? Yuk, cobain menu yang bakal nagih ini.

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja nasi langgi Travelingyuk
Share