Olahan Nasi Khas Lombok, Enaknya Nonjok!

Lombok memiliki keindahan yang susah ditampik pesonanya. Karena itulah setiap tahunnya banyak wisatawan berdatangan. Wisata alam Lombok sangat memesona, misalnya Gunung Rinjani, Pantai Pink, dan lain-lain. Tak boleh ketinggalan untuk dicoba adalah kuliner Lombok yang juga menggoyang lidah. Berikut ini akan diberikan olahan nasi khas Lombok yang enaknya nonjok. Apa saja, ya?

Nasi Kotaraja

Nasi Kotaraja, via Instagram/ardixyz
Nasi Kotaraja, via Instagram/ardixyz

Ada nasi kotaraja yang berasal dari Desa Kotaraja, Lombok Timur. Satu porsi nasi kotaraja biasanya akan ada nasi putih yang dipadu dengan jangan rarit, sambal sebie, dan kemudian disiram dengan kuah khusus.

Uniknya ada jangan rarit yang terbuat dari olahan daging sapi dengan bumbu yang khas. Daging ini dibumbui terlebih dahulu kemudian dijemur, digeprek, dan terakhir digoreng. Sementara sambal sebie ini sambal lombok yang berbumbu terasi, garam, bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa. Banyak orang yang sudah mencoba nasi khas Lombok ini dan membuktikan kelezatannya.

Nasi Sukaraja

Nasi Sukaraja, via Instagram/wendyboem
Nasi Sukaraja, via Instagram/wendyboem

Nasi sukaraja merupakan nasi campur yang bisa mudah ditemukan di Desa Sukaraja, Ampenan, Mataram. Sekilas memang seperti nasi campur pada umumnya, namun jika dirasakan lebih jauh akan berbeda.

Pembedanya adalah di dalamnya ada campuran olah-olah yang merupakan sayuran yang dimasak dengan bumbu khusus dan diberi santan kental. Pengolahannya juga masih memanfaatkan tungku tanah dan kayu bakar. Maka dari itulah rasanya begitu tradisional. Aroma dan rasanya begitu menggugah selera.

Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung, via Instagram/jogjabikinlaper
Nasi Balap Puyung, via Instagram/jogjabikinlaper

Nasi balap puyung merupakan salah satu yang cukup kondang di Lombok. Kuliner bercitarasa pedas ini terdiri dari sajian nasi putih yang ditambah dengan suwiran ayam bumbu pedas, kering kentang, kedelai goreng, juga telur. Rasa pedasnya berasal dari ayamnya. Bikin suapan makin enak juga adalah kering kentang yang renyah dengan bumbunya melimpah

Nasi Kaput

Nasi kaput, via Instagram/gendut_kulineran
Nasi kaput, via Instagram/gendut_kulineran

Dari Lombok Timur ada yang namanya nasi kaput. Merupakan nasi dengan bentuk kerucut. Satu bungkusnya, akan ada nasi di bagian atas, lalu di bawahnya terdapat aneka lauk. Mulai dari suwiran ayam, serundeng, kacang panjang, dan tak ketinggalan ada kedelai goreng. Jika belum berkesempatan jalan-jalan ke Lombok, nasi kaput juga ada di kota lainnya. Misalnya saja Jogja.

Saat bertandang ke Pulau Seribu Masjid, pastikan Teman Traveler menyiapkan waktu untuk berburu deretan nasi khas Lombok seperti daftar di atas. Sudah pernah coba yang mana Teman Traveler?

Tags
Indonesia kuliner lombok Lombok nasi khas Lombok
Share