Nasi Berbumbu Khas Asia, Tanpa Lauk pun Sudah Enak

Nasi memang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Biasanya dipadukan dengan beragam lauk sehingga rasanya jadi nikmat. Namun Teman Traveler, ada jenis-jenis nasi yang sudah dicampur bumbu, sehingga tanpa lauk sekalipun sudah enak-enak saja disantap. Seperti halnya berikut ini ada jajaran nasi berbumbu khas Asia. Ada apa saja?

Ogokbap, Korea Selatan

Ogokbap, via Instagram/messaveurs
Ogokbap, via Instagram/messaveurs

Pertama datang dari negeri para Oppa, Korea Selatan, namanya adalah Ogokbap. Nasi ini dicampur dengan biji dan kacang-kacangan. Ada kacang hitam, kacang merah, beras hitam, putih, dan lain-lain. Awal munculnya kuliner ini adalah lantaran penduduk Korea pernah mengalami musim dingin berkepanjangan. Karena minim beras, mereka menciptkan nasi kukus dengan campuran tersebut.

Nasi Briyani, India

Nasi briyani, via Instagram/bhukkadh_singh
Nasi briyani, via Instagram/bhukkadh_singh

Dari India ada kuliner yang sudah kondang di berbagai penjuru dunia, namanya adalah Nasi Briyani. Makanan ini dikenal juga dengan sebutan nasi biryani, biriyani, birani, sampai dengan biriani. Bahan pembuatannya mencakup beras, rempah-rempah asal India, sayuran, daging, telur, yogurt, dan juga buah-buahan kering. Karena campurannya yang banyak inilah, dimakan langsung saja sudah mantap.

Khao Phat, Thailand

Khao Pat, via Instagram/mementmsk
Khao Pat, via Instagram/mementmsk

Khao Pat adalah kuliner dari Thailand Tengah. Thai artinya adalah nasi dan Phat adalah menumis, jadi secara harfiah definisinya adalah nasi yang ditumis. Bumbunya beragam, mulai dari bawang putih, bawang merah, irisan tomat, kecap, garam, yang nantinya ditumis dengan minyak ikan. Bisa dibilang, ini merupakan nasi goreng khas Thailand.

Nasi Goreng, Indonesia

Nasi Goreng, via Instagram/nasgormafia
Nasi Goreng, via Instagram/nasgormafia

Sebagai makanan pokok, nasi diolah berbagai macam jenis di Indonesia. Salah satunya adalah Nasi Goreng dengan rempah yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Ada 8 jenis rempah asli Indonesia yang dimanfaatkan untuk membuat kuliner satu ini. Karena itulah, rasanya begitu unik dan rempahnya nampol di lidah. Enak dimakan sendiri, dengan lauk juga membuat nafsu makan menggelora.

Bringhe, Filipina

Nasi Bringhe, via Instagram/tinetine145
Nasi Bringhe, via Instagram/tinetine145

Kemudian ada di Filipina yang memiliki olahan nasi yang mirip dengan nasi kuning. Beras dicampur dengan kunyit, ditambah dengan santan dan sedikit garam. Selanjutnya ada tambahan tumisan daging, kacang polong, dan bawang bombay. Karena sudah ada campuran yang cukup lengkap, tidak ditambah dengan bahan-bahan lainnya juga enak.

Nasi memang sangat mengenyangkan dan cocok di lidah kita, orang Indonesia. Karena itulah, jika jalan-jalan ke negara yang sudah disebutkan, jangan lupa mencoba nasi berbum khas Asia lainnya, ya. Semoga jalan-jalanmu menyenangkan.

Tags
asia Indonesia nasi berbumbu khas Asia nasi di Asia
Share